1,5 Tahun Menunggu, Riyanta Akhirnya Resmi Anggota DPR RI

Riyanta SH. foto: ist
Riyanta SH. foto: ist

Setelah menunggu sampai 1,5 tahun lamanya, penantian panjang Riyanta untuk dilantik sebagai wakil rakyat di Senayan, akhirnya terjawab.


Caleg PDIP dari Dapil Jateng III itu dijadwalkan dilantik menjadi anggota DPR RI lewat mekanisme pergantian antar waktu (PAW), Selasa (7/12). 

Dalam surat undangan pelantikan yang ditandatangani Sekjen DPR RI, dia dilantik dan diambil sumpah pada pukul 10.00 wib di Ruang Rapat Paripurna. Bersama dia, turut pula dilantik Irma Suryani dari Partai Nasdem.

Pada Pemilu Legislatif 2019 lalu, di Dapil Jateng III yang meliputi Kabupaten Grobogan, Kabupaten Pati, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Rembang, dia mendapatkan suara terbanyak setelah Imam Suroso, yang terpilih dan dilantik sebagai anggota DPR RI. 

 

Dia memperoleh 36.570 suara, diikuti dua orang di bawahnya yaitu Permadi Mulyajaya 29.388 suara, dan Mayjen Pur TNI Bambang Haryanto 26.141 suara.

Dia dilantik dan diambil sumpah menjadi anggota dewan menggantikan Imam Suroso yang meninggal dunia pada 27 Maret 2020. 

"Bagi saya ini peristiwa yang biasa saja. Proses 1,5 tahun ini adalah proses politik dan administrasi yang harus saya alami. Saya bersyukur, dan siap menjalankan amanah dan aspirasi rakyat," tegasnya, kepada RMOL Jateng, Senin (6/12) petang.

Riyanta SH, selama ini dikenal sebagai tokoh LSM di Jateng. Dia merupakan Ketua Umum Gerakan Jalan Lurus. Sebelum terjun ke politik, dia pernah menjalani karier sebagai anggota Polri. Masuk menjadi polisi pada 1978, pada 1992 dengan pangkat terakhir kopral satu (Koptu), dia memutuskan keluar dan menekuni bisnis. 

Dia malang melintang di berbagai aktivitas politik, hukum dan juga bisnis. 

Menjadi politisi, kata Riyanta, adalah visinya untuk mengabdi pada masyarakat dan negara. 

"Saya ingin agar kita selalu menjaga dan memelihara kerukunan di semua lini kehidupan. Dengan hidup rukun, niscaya kita dapat terus bersatu dan bersama membangun bangsa ini lebih maju lagi," ujarnya.