KPK Apresiasi GAK Yang Identifikasi Kasus KTP Elektronik

Penasihat KPK Mohammad Tsani Annafari mengapresiasi inisiasi yang dilakukan oleh Gerakan Anti Korupsi (GAK) Lintas Perguruan Tinggi (LPT) untuk menggelar diskusi terbatas membahas solusi kasus korupsi KTP elektronik.


Dalam salah satu inisiasinya GAK meminta pemerintah merancang ulang sistem KTP-el yang lebih mendukung program pemerintah.

Tsani mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan upaya identifikasi agar dapat memperbaiki KTP-el sehingga sistemnya berjalan seperti yang seharusnya.

"Tadi dorongan dari GAK akan menjadi masukan bagi KPK, dan di tim pencegahan sudah melakukan upaya identifikasi apa yang bisa diperbaiki dari KTP-el. Sehingga sistem ini bisa berjalan seperti seharusnya. Akan ada banyak hal yang diidentifikasi agar sistem ini berjalan sebagaimana mestinya, termasuk misalnya aspek hukum," ujar Tsani di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (9/3) seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL

Dirinya juga menjelaskan bahwa design KTP-el harus sesuai dengan kebutuhan dan tidak menimbulkan masalah seperti yang sebelumnya.

Tsani menilai peran lembaga swadaya masyarakat (LSM) sangat penting agar semua masyarakat peduli dengan masalah yang serius seperti halnya kasus KTP-el.

"Ini bukan pertemuan pertama, akan ada pertemuan lanjutan. Semua masyarakat harus memantau hal ini agar pemerintah bisa lebih serius," tukasnya.