Buka Rakonsul KONI Kota Semarang, Ini Pesan Wali Kota Semarang

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi membuka secara langsung kegiatan Rapat Koordinasi dan Konsultasi (Rakonsul) KONI Kota Semarang, Sabtu (12/9/2020).


Dalam sambutannya, Hendi, panggilan akrab Wali Kota Semarang itu berpesan,  KONI Kota Semarang sebagai wadah pembinaan atlet harus semakin profesional.

"KONI Kota Semarang diharapkan mulai  menerapkan Sport Science, Sport Tourisme dan Sport Industry seperti tema Hari Olahraga Nasional 2020," harap Hendi.

Lebih lanjut Hendi mengatakan, ketiga hal tersebut sangat penting untuk olahraga Indonesia ke depan. Ketiganya sama-sama memiliki peran yang besar untuk kebugaran, prestasi dan perekonomian.

"Sport Science misalnya, kita melihat salah satu penyebab prestasi olahraga kita belum optimal karena masih minimnya dukungan sport science pada proses pembinaan atlet-atlet muda dan elit. Oleh karena itu, kedepan perlu didorong cabor-cabor  

untuk mengoptimalisasi sport science dalam pembinaan cabang olahraga," ujarnya.

Sementara untuk pengembangan Sport Tourism dan Sport Industry sekarang ini, menurut Hendi butuh dukungan banyak pihak.

"Pandemi Covid-19 ini memberikan dampak yang luar biasa bagi para pelaku sport tourism dan sport industri di Indonesia. Banyak berbagai kegiatan olahraga yang ditunda dan dibatalkan, begitu juga pelaku industri olahraga yang harus tutup karena lesunya perekonomian," tambahnya.

Hendi berharap, Sport Tourism dan Sport Industry dapat bergelut kembali agar turut serta menstimulasi pertumbuhan ekonomi.

"Begitu juga program kepemudaan dan keolahragaan melalui kepariwisataan dan ekonomi kreatif serta pengembangan sektor industri dalam bidang kepemudaan dan keolahragaan," pungkas Hendi.