Pertamina Bantu 253 UMKM Di Sepanjang 2020

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) IV telah menyalurkan bantuan kemitraan bagi 253 UMKM di sepanjang 2020.


Unit Manager Communication, Relations, & CSR, Marketing Operation Region IV PT Pertamina (Persero), Anna Yudhiastuti mengatakan, nilai tersebut melampaui target pencapaian program kemitraan yang ditetapkan secara internal yaitu sebesar Rp18 milyar hingga akhir tahun 2020.

Secara keseluruhan jumlah mitra binaan yang masih aktif dalam Program Kemitraan 3 tahun terakhir ada 834 UMKM," kata Anna Yudhiastuti dalam siaran rilisnya, Kamis (24/9).

Mitra binaan tersebut berasal dari berbagai macam sektor diantaranya sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, hingga jasa.

Bantuan yang diberikan berupa dana pinjaman untuk modal usaha hingga maksimal Rp 200 juta. Di samping itu Pertamina juga memberikan bantuan pendampingan dan pembinaan kepada mitra binaan.

Pemilik usaha Bakmi Jawa Mbah Harjo asal Bantul merasakan banyak manfaat yang Ia rasakan setelah menjadi mitra binaan Pertamina.

Pinjaman dana dari Pertamina senilai Rp 75 juta itu sendiri sangat membantu saya untuk menambah peralatan dan kebutuhan usaha. Biaya administrasinya juga hanya 3%, jauh lebih rendah daripada pinjaman ke bank, sehingga pengembaliannya tidak begitu memberatkan," ujar Bambang.

Selain itu, ia juga berterima kasih karena kerap diajak dalam kegiatan pembinaan dan perluasan akses pasar sehingga usahanya semakin banyak dikenal pelanggan.

Produk saya ini juga semakin dikenal banyak pelanggan bukan hanya di sekitar Yogyakarta saja, tapi di Jakarta dan kota-kota lainnya bahkan sudah sampai Jedah, Arab berkat pameran UMKM yang disponsori oleh Pertamina di sana," paparnya.