5.010 Paket Sembako Baznas Sukoharjo Disalurkan Untuk PKL Terdampak PPKM

Bantuan paket sembako untuk PKL Terdampak PPKM Darurat /RMOLJateng
Bantuan paket sembako untuk PKL Terdampak PPKM Darurat /RMOLJateng

Pemkab Sukoharjo dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan 5.010 bantuan paket sembako untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) sebagai kelompok paling terdampak PPKM darurat.


Bantuan sembako sebanyak 5.010 paket mulai didistribusikan melalui kecamatan, sesuai data yang tercatat dan dipertanggungjawabkan.

Sebelumnya, penyerahan bantuan paket sembako dari Baznas tersebut secara simbolis pada camat dilakukan Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM bersama Wakil Bupati, Drs H Agus Santosa dan Ketua Baznas, Sardiyono.

"Total bantuan paket sembako untuk PKL dari Baznas sebanyak 5.010 paket. Penyaluran paket sembako untuk PKL dilakukan melalui kecamatan karena PKL tersebar di 12 kecamatan dimana data PKL sendiri sekitar 2.600 PKL. Nantinya data PKL juga disinkronkan dengan data PKL Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM,” jelas Bupati, Minggu (25/6/2021).

Selain paket sembako untuk PKL, Bupati juga menyerahkan APD dan alat cuci tangan ke camat. Total ada 200 APD dan 150 unit alat cuci tangan yang diserahkan.

“Selain paket sembako dari Baznas ini, nantinya masih ada 2.500 paket sembako yang disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan penyalurannya dilakukan secara berkala. Insya Allah pemerintah daerah akan menyalurkan bantuan yang luar biasa pada masyarakat, belum lagi bantuan yang dari pusat,” kata Etik Suryani.

Saat ini, bantuan dari pusat, yakni Bantuan Sosial Tunai (BST) bulan Mei dan Juni juga mulai dicairkan untuk 50.802 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap KPM akan mendapat Rp300 ribu per bulan. Bupati juga mengatakan, Pemkab membuat Gerakan ASN Peduli dimana setiap ASN membantu sembako senilai Rp200 ribu dan akan direalisasikan pada 26-27 Juli ini.

Sementara itu, untuk paket sembako dari ASN Peduli rencananya akan didistribusikan pada warga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) diluar penerima PKH, BPNT maupun BST. Juga, akan didistribusikan bantuan beras 100 ton dari Bulog yang akan disalurkan pada masyarakat kurang mampu diluar penerima PKH, BPNT dan BST.

Selain BST, bantuan dari pusat yang cair bulan Juli ini adalah Program Keluarga Harapan (PKH) bulan Juli, Agustus dan bulan September 2021. Untuk PKH sendiri terdapat 30.290 KPM dimana dari jumlah tersebut sudah diralisasikan pada 8.399 KPM.

Bantuan dari APBN selanjutnya adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang penyalurannya melalui e-waroeng. Jumlah penerima BPNT sebanyak 55.279 KPM dan akan direalisasikan tanggal 27-29 Juli mendatang.

Camat Grogol Bagas Windaryatmo mengatakan, saat ini pendistribusian bansos dari Baznas untuk PKL masih berlanjut.

"Kami pastikan PKL di seluruh kecamatan Grogol mendapatkan bantuan ini. Ini bentuk dukungan Baznas dan pemerintah Sukoharjo agar PKL tetap semangat dan patuh aturan dari PPKM, demi kebaikan bersama," ungkap Bagas.