61 ASN Salatiga Bakal Diperiksa Penyidik Polda Jateng, Ada Pejabat Eselon II Hingga Anggota DPRD Aktif

Kasus Perum Korpri Salatiga
Foto suasana kompleks Perum Korpri Salatiga, yang berbuntut kasus hukum.
Foto suasana kompleks Perum Korpri Salatiga, yang berbuntut kasus hukum.

Sebanyak 61 Aparatur Sipil Negara (ASN) Salatiga bakal diperiksa dan dimintai keterangannya oleh Penyidik Ditreskrimum Polda Jateng.


Pemanggilan akan dilakukan pada tanggal 20 dan 21 September 2023 pukul 08.30 WIB di Gedung Korpri Jalan Stadion Nomor 7, Salatiga.

Dari daftar nama yang dipegang wartawan RMOLJateng, terdapat sejumlah pejabat Eselon II yang masih menjabat Kepala Dinas hingga saat ini.

Namun, ada juga pejabat Eselon II yang telah pensiun atau purna. Dan mengejutkan, ada juga ASN yang telah pensiun namun kini aktif sebagai Anggota DPRD Salatiga.

Terkait pemanggilan ini Kabid Humas Polda Jateng Kombes Satake saat dikonfirmasi RMOLJateng meminta waktu untuk mengeceknya.

"Malam mba, saya cek dulu ya," ungkap Satake, Jumat (15/9) malam.

Sementara, Ketua Dewan Pengurus Korpri Salatiga yang juga menjabat Sekda Wuri Pudjiastuti justru membenarkan perihal pemanggilan kepada 61 ASN Pemkot Salatiga itu.

Pasalnya, ia sendiri yang menandatangani surat terlampir nama-nama ASN yang bakal dimintai keterangannya.

"Iya betul. Surat itu menindaklanjuti surat Kapolda Jateng nomor b/III77/lX/RES.1.2/2023/Ditreskrimum perihal bantuan menghadirkan anggota Korpri Kota Salatiga untuk klarifikasi," kata Wuri Pudjiastuti.

Ada pun klarifikasi itu, terkait perkara tertanggal 12 September 2023. Pemanggilan 61 ASN Salatiga disebutkan Wuri keperluan memberikan klarifikasi atau keterangan kepada tim penyidik Polda Jateng terkait Perumahan Korpri Prajamulya.

"Saya minta, nama-nama yang tercantum penerima fasilitas Perumahan Korpri Prajamulya Salatiga untuk hadir dan memberikan keterangannya sebenar-benarnya jangan ada yang ditutup-tutupi," tandas Wuri.

Adapun 61 ASN Salatiga diminta  membawa bukti-bukti pelunasan atau pembayaran, membawa sertifikat GHB atau HM dan membawa dokumen pendukung terkait lainnya.

Adapun daftar nama anggota Korpri Kota Salatiga penerima fasilitas perumahan Prajamulya di Kalan Argosari Raya, Kelurahan Randuacir, Lecamatan Argomulyo, Kota Salatiga terdapat 61 daftar nama.

Dari 61 daftar nama itu dibagi menjadi dua hari pemeriksaan. Dimana, pada hari Rabu tanggal 20 September 2023 sebanyak 36 ASN, sedangkan pada hari Kamis 21 September 2023 terdapat 31 ASN dari 31 ASN tersebut terdapat nama-nama Kepala Dinas atau eselon II yang masih aktif.

"Benat, ada juga ASN atau eselon II yang telah pensiun atau purna tugas. Semua nama itu adalah penerima penerima fasilitas Perumahan Korpri Prajamulya Salatiga," pungkas Wuri.