681 Atlet Siap Ikuti Kejurnas Pencak Silat di Solo, Rencana Dibuka Ketum IPSI Prabowo Subianto

Ketua Umum IPSI Jawa Tengah Harry Nuryanto yang juga menjadi Wakil Ketua Panpel Kejurnas Pencak Silat 2023 (tengah) didampingi panitia.
Ketua Umum IPSI Jawa Tengah Harry Nuryanto yang juga menjadi Wakil Ketua Panpel Kejurnas Pencak Silat 2023 (tengah) didampingi panitia.

Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto dijadwalkan membuka Kejuaraan Nasional Pencak Silat 2023 siap digelar di Edutorium UMS Solo, Jawa Tengah, pada 11-14 September 2023.


Sebanyak 681 atlet pencak silat, 409 atlet putra dan 272 atlet putri, dari 32 provinsi di Indonesia sudah terdaftar. 

"Kejuaraan nasional ini sekaligus menjadi babak kualifikasi menuju PON XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara," kata Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Tengah Harry Nuryanto yang juga menjadi Wakil Ketua Panpel Kejurnas Pencak Silat 2023, Rabu (6/9/2023).

Dipilihnya kota Solo sebagai ajang tersebut karena Solo memiliki venue yang sangat representatif dalam pelaksanaan event nasional ini, yakni di Gedung Edutorium UMS.

"Selain itu Solo merupakan kota berdirinya IPSI pada tahun 1948 oleh Wongsorejo, event ini bisa menjadi ajang mengenang kembali sejarah pencak silat di Indonesia yang organisasinya lahir dari kota Solo," imbuhnya.

Ditambahkan Kuncoro, Sekum IPSI Jateng, dalam kejuaraan itu, IPSI Jateng menurunkan 14 atlet putra dan 10 atlet putri yang akan tampil di 12 nomor pertandingan.

"Kami menargetkan bisa meloloskan sebanyak-banyaknya atlet untuk tampil di PON. Mudah-mudahan bisa lolos semua, berangkat ke PON," kata Kuncoro.

Meskipun kekuatan peserta dari tiap provinsi hampir merata, namun Harry tetap optimistis sebagai tuan rumah bisa meraih prestasi terbaik.

"Atlet unggulan dari Jawa Tengah ada banyak. Antara lain, ada empat atlet yang sudah meraih tiket PON tanpa ikut babak kualifikasi ini, yakni Mustakim, Safira, Afifa, dan Tito," ungkapnya.