79 Ribu Penumpang Kereta Api Tiba di Wilayah Daop 4 Semarang

Sejak dimulainya Posko Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, dari tanggal 22 hingga 25 Desember 2022 tercatat sebanyak 79.033 pelanggan kereta api tiba di wilayah Daop 4 Semarang. Rata-rata kedatangan sebanyak 19.758 pelanggan per hari.


Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko mengatakan jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya terdapat peningkatan sebesar 31 persen dimana pada tanggal 15 sampai 18 Desember 2022 jumlah pelanggan kereta api yang tiba sebanyak 60.203 penumpang. 

Ixfan menyebut rute yang menjadi favorit pelanggan pada periode tersebut adalah rute Jakarta-Semarang, Jakarta-Tegal, Surabaya-Semarang dan Bandung-Semarang. Kedatangan penumpang tersebut didominasi oleh pelanggan kereta api dari Jakarta maupun Surabaya. 

“Kedatangan penumpang tertinggi terjadi pada Jumat (23/12) dimana sebanyak 22.126 pelanggan kereta api tiba di wilayah Daop 4 Semarang,” kata Ixfan, Senin (26/12).

Ixfan menyampaikan pada keberangkatan kereta api tanggal 27 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023 jumlah tempat duduk yang disediakan masih banyak tersedia karena rata-rata okupansinya masih terisi sekitar 25 persen dari sebanyak 15.678 tempat duduk yang KAI sediakan setiap harinya.

Sampai saat ini ada sebanyak 91 perjalanan KA yang berangkat maupun melintas di wilayah Daop 4 Semarang, dengan rincian 67 KA Reguler dan 24 KA Tambahan. Adapun untuk volume tertinggi penumpang yang naik dari wilayah Daop 4 Semarang terjadi pada Jumat (23/12) sebanyak 20.701 penumpang dan Minggu (25/12) sebanyak 20.103 penumpang. 

“Diprediksi penumpang naik tertinggi juga akan terjadi pada Minggu (1/1) dengan penumpak naik sebanyak lebih dari 20 ribu penumpang,” bebernya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk dapat segera melakukan pemesanan tiket kereta api karena jumlah tiket masih banyak tersedia. Pembelian tiket juga cukup mudah bisa melalui aplikasi KAI Access, web KAI, serta berbagai channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

“Kami akan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan. Kami juga terus menerapkan protokol kesehatan didalam area stasiun dan didalam kereta,” pungkasnya.