Alhamdulillah, BKAM Desa Baleharjo Wonogiri Punya Layanan Ambulans Gratis

Kepala Desa Baleharjo, Sulino (kanan) menerima penyerahan mobil ambulans didampingi pengurus BKAM.
Kepala Desa Baleharjo, Sulino (kanan) menerima penyerahan mobil ambulans didampingi pengurus BKAM.

Setelah sekian lama menabung untuk pengadaan mobil ambulans layanan umat yang diinisiasi oleh Badan Kerjasama Antar Masjid (BKAM) Desa Baleharjo Kecamatan Eromoko, Wonogiri, akhirnya bisa terealisasi, ditandai dengan kegiatan serah terima di balai desa setempat.


Warijo, ketua BKAM Desa Baleharjo mengungkapkan bahwa rencana pengadaan mobil ambulans merupakan program prioritas di tahun 2023. 

"Berawal dari pemikiran bahwa masyarakat desa sangat membutuhkan armada untuk pengangkutan orang sakit, jenazah, maupun kegiatan sosial lainnya, sehingga tercetus pemikiran untuk pengadaan ambulans gratis bagi warga," ujar Warijo, dikonfirmasi Jumat (13/10/2023).

BKAM kemudian mengadakan penggalangan dana kepada para donatur, jaringan takmir masjid, dan juga warga masyarakat melalui sosial media. Gayung bersambut, pemerintah Desa Baleharjo menyambut positif rencana tersebut.

"Kami sangat bersyukur karena cita-cita memiliki ambulans gratis layanan umat akhirnya bisa terwujud berkat dukungan dari seluruh pemerintah desa, masyarakat Desa Baleharjo, dan juga para donatur. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih, semoga Allah membalas dengan berlipat kebaikan," pungkas Warijo.

Kepala Desa Baleharjo, Sulino, menggerakkan aparatur pemerintah desa dari tingkat RT dan RW untuk memberikan imbauan kepada warga melakukan penggalangan dana secara sukarela.

"Semangat kita adalah gotong royong untuk meringankan beban warga yang mungkin sedang terkena musibah dan membutuhkan armada untuk pengangkutan atau kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya," ungkap Sulino.

Ia juga menambahkan bahwa penggunaan mobil ambulans tidak hanya dikhususkan kepada warga Desa Baleharjo, tetapi untuk seluruh umat tanpa melihat latar belakang agama, suku, dan ras karena ini murni untuk kemanusiaan.

"Semua masyarakat bisa memanfaatkan layanan secara gratis, tetapi kita juga tetap membuka diri apabila ada yang ingin berinfak untuk operasional kegiatan ambulans," imbuh Sulino.

Kegiatan serah terima ambulans dihadiri oleh perwakilan takmir masjid se-Desa Baleharjo, seluruh aparatur pemerintah Desa Baleharjo dan penyedia mobil ambulans dari Jakarta.