Alih Status, Jalan Pandanharum-Dawung Grobogan Dibangun Tahun 2025

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan berencana melakukan pembangunan infrastruktur Jalan Pandanharum-Dawung pada tahun 2025 mendatang. 


Jalan yang belum tersentuh pembangunan itu, awalnya merupakan jalan Perhutani dan baru alih status menjadi jalan Kabupaten sejak tahun 2022.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni saat melakukan kunjungan kerja di Desa Pandanharum, Kecamatan Gabus, Kamis (1/2).

"Jalan Pandanharum-Dawung akan dibangun di tahun anggaran 2025. Kebutuhan anggarannya sekitar Rp 12 Miliar," katanya.

Bupati mengungkapkan, kepala desa (Kades) Pandanharum sebenarnya sudah mengajukan pembangunan jalan Pandanharum-Dawung sejak lama.

Namun demikian, realisasi pembangunan jalan tersebut baru bisa dilakukan setelah adanya perubahan status jalan dari jalan Perhutani ke jalan Kabupaten.

Ia menyebut pembangunan infrastruktur jalan ini sangat penting karena menjadi salah satu akses transportasi bagi warga setempat. 

"Kades Pandanharum sudah mengajukan pembangunan jalan dan juga masukan dari masyarakat, namun karena masih menunggu perubahan status jalan baru bisa direalisasikan," ungkapnya.

Selain jalan Pandanharum-Dawung, lanjut Bupati, Pemkab Grobogan juga akan menganggarkan pembangunan jembatan di Dusun Kandangan, Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus di tahun yang sama.

Menurutnya, jembatan penghubung Dusun Trembers ke Dusun Nglinduk dan ke Desa Sulursari itu kondisinya sudah rusak dan lapuk karena hanya terbuat dari kayu jati.

"Jembatan tersebut juga akan dibangun pada tahun anggaran 2025. Setelah jembatan nanti baru dilanjutkan pembangunan jalan," tutupnya.