Bantu Ratusan Korban Banjir di Demak, UMK Libatkan Mahasiswanya Turun Tangan

Para Mahasiswa Dari Salah Satu Kampus Di Kudus Melibatkan Diri Untuk Mendampingi Para Korban Banjir Di Aula DPRD Kudus, Selasa (13/02). Foto: Arief Edy Purnomo/RMOLJateng
Para Mahasiswa Dari Salah Satu Kampus Di Kudus Melibatkan Diri Untuk Mendampingi Para Korban Banjir Di Aula DPRD Kudus, Selasa (13/02). Foto: Arief Edy Purnomo/RMOLJateng

KUDUS - Penderitaan ratusan korban banjir asal Kecamatan Karanganyar, Demak yang diungsikan dan menempati aula DPRD Kudus, menggugah rasa kemanusian cIvitas akademica Universitas Muria Kudus (UMK). Para mahasiswa dari salah satu kampus di Kudus ini pun melibatkan diri untuk mendampingi para korban banjir.

Perwakilan mahasiswa UMK yang turun membantu para korban banjir, meliputi jajaran Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM). Selain itu juga Korps Sukarela (KSR) dan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) UMK terjun langsung.

Ketua DPM Universitas Muria Kudus, Danendra Bagas mengatakan, kegiatan tersebut mulai dilaksanakan sejak pertama kali banjir terjadi di wilayah Kabupaten Demak pada tahun ini.

“Kami bersama segenap civitas akademica UMK lainnya melakukan aksi sosial karena dorongan peduli sesama. Yang mana kami selaku bagian dari organisasi Universitas Muria Kudus saling bekerjasama membantu agar berbagai masalah di posko pengungsian tertangani,” ujar Bagas saat ditemui di aula DPRD Kudus, Selasa (13/02).

Menurut Danendra, kehadiran DPM dan BEM KM UMK bekerja sama untuk menyatukan organisasi yang ada di kampus setempat, baik dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) universitas, eksekutif, dan UKM fakultas  dalam kegiatan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) UMK Peduli Korban Banjir kali ini.

“Harapannya, semoga banjir dan bencana ini cepat selesai dan pulih secara keseluruhan. Saya juga berharap Ormawa UMK tetap solid dan kompak dalam segala hal,” ucap mahasiswa jurusan Managemen tersebut.

Seluruh Ormawa MAPALA dan KSR hingga UKM Racana UMK, turut terlibat dalam aksi sosial tersebut. Ia berharap pimpinan UMK bisa lebih kooperatif dan support penuh kepada Ormawa UMK dalam membawa nama baik UMK.