Bawaslu : Tidak Banyak Temuan Pelanggaran APS Di Kota Magelang

Wakil Wali Kota Magelang KHM Mansyur beramah tamah dengan peserta Apel Siaga yang digelar Bawaslu. (ist)
Wakil Wali Kota Magelang KHM Mansyur beramah tamah dengan peserta Apel Siaga yang digelar Bawaslu. (ist)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Magelang melaksanakan Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 dI Alun-Alun Kota Magelang, Senin (27/11).


Apel Siaga tersebut diikuti Pawaslu dari 3 kecamatan dan 17 kelurahan di Kota Magelang, jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU), Satpol PP, serta TNI/Polri.

Apel Siaga dirangkai dengan penanda tanganan Deklarasi Damai Pemilu 2024 oleh Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur beserta jajaran Forkompimdada pimpinan partai politik (parpol) Peserta Pemilu 2024.

Deklarasi merupakan simbol komitmen untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai di Kota Magelang. Apa lagi menjelang tahapan kampanye.

Ketua Bawaslu Kota Magelang, Maludin Taufiq menegaskan kembali komitmen bersama untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu sebagai bentuk tanggungjawab bersama untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

'"Apel Siaga dan deklarasi ini serentak se Infonesia. Tujuannya untuk kesiapsiagaan, mengingatkan lagi tentang pengawasan. Selain juga ada sosialisasi terutama terkait kampanye," kata Maludin, di sela kegiatan.

Apel Siaga dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Alun-Alum.karena lokasi ini bukan hanya sebagai ikon, tetapi juga karena ada nilai-nilai sejarah yang terkandung  di dalamnya, serta sebagai jantung Kota Magelang.

"Saya ingin mengingatkan bahwa masing-masing memiliki tanggungjawab bersama, sama besarnya dan sama besarnha untuk menjami pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung secara demokratis. Sesuai azas luber jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," pesannya.

Secara umum, setelah dilakukan pemetaan, Bawaslu Kota Magelang tidak banyak menemukan pelanggaran Alat Peraga Sosialisasi (APS) menjelang masa kampanye. Ini dapat disimpulkan bahwa kesadaran peserta Pemilu taat aturan cukup baik, dan diharapkan sampai pelaksanaan Pemilu 2024.