Belasan Remaja Mau Tawuran, Unit Reskrim Polsek Semarang Utara 'Lidik' Orangtua

Belasan remaja yang diduga akan terlibat tawuran, Kamis (8/2) diamankan Tim Elang Utara Polsek Semarang Utara atas laporan warga menggunakan aplikasi Libas. */Libas
Belasan remaja yang diduga akan terlibat tawuran, Kamis (8/2) diamankan Tim Elang Utara Polsek Semarang Utara atas laporan warga menggunakan aplikasi Libas. */Libas

Sejumlah orangtua remaja yang akan tawuran di Jalan Lodang, terpaksa menjalani proses 'lidik' dari Unit Reskrim Tim Elang Polsek Semarang Utara, Kamis (8/2).

Para orangtua ini dihimbau untuk selalu mengawasi anak-anaknya pada malam hari dan selektif serta peka terhadap pergaulan anak.

"Kami berikan imbauan untuk para orang tua anak-anak agar senantiasa mengawasi anak-anaknya tidak keluar malam serta dalam pergaulan bersama teman-teman mereka," kata Kapolsek Semarang Utara AKP Supriyanto, Kamis (8/2) siang.

Sebelumnya diketahui, belasan remaja yang diduga akan melakukan tawuran, diamankan Tim Elang Unit Reskrim Polsek Semarang Utara, Kamis dini hari.

Mereka terpaksa diamankan lantaran terendus akan melancarkan aksi tawuran dengan kelompok lainnya di Jalan Lodang. 

AKP Supriyanto mengatakan aksi para remaja ini tercium setelah warga melapor ke polisi menggunakan aplikasi Libas.

"Puluhan pelaku ada belasan yang diamankan di kantor tadi malam, menjalani pemeriksaan dan akhirnya kita panggil orang tuanya. Tawuran remaja ini dilaporkan warga lewat aplikasi Libas, maka kita bisa cepat menindaklanjuti," kata Supriyanto. 

Anak-anak pelaku tawuran yang ditangkap tidak di tahan, orang tuanya dipanggil pihak kepolisian datang ke kantor polisi. Para pelaku tawuran hanya mendapatkan pemeriksaan dimintai keterangan dalam penyidikan. 

"Mereka mengakui perbuatannya, orang tuanya kita panggil datang menjemput di Kantor Polsek. Kita berikan penjelasan perbuatan anak-anaknya termasuk kasus kriminal dan dapat dipidana secara hukum. Sedangkan para pelaku, kita lakukan pembinaan agar tidak mengulangi perbuatannya," tandasnya.