Bengkulu Utara Belajar Pengelolaan BLUD Puskesmas dan UHC ke Purbalingga

Peserta studi banding tentang BLUD dan UHC dari Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.
Peserta studi banding tentang BLUD dan UHC dari Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga menerima kunjungan Studi Tiru dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara tentang pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) serta capaian Universal Health Coverage (UHC). Acara penyambutan dilaksanakan di Graha Operation Room (OR) Setda Purbalingga, Kamis (2/11).


Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Bengkulu Utara, Heru Susanto mengatakan sebanyak 53 peserta Studi Tiru yang hadir antara lain Kepala Dinkes, Kepala BKAD, Kepala dan staf Puskesmas di Kabupaten Bengkulu Utara. Dia juga mengatakan tujuan Studi Tiru tersebut agar pada tahun 2024 mendatang 22 Puskesmas bisa menjadi BLUD dan capaian UHC 98%. "Kami rencana tahun ini 8 Puskesmas BLUD dan 95% UHC," ujarnya.

Selain diskusi kegiatan Study Tiru dilanjutkan kunjungan ke Puskesmas Bojongsari dan Karangreja. Kepala Dinkes Purbalingga, dr. Jusi Febrianto mengatakan saat ini semua Puskesmas di Kabupaten Purbalingga sudah BLUD, tahun 2022 lalu juga telah mendapat penghargaan UHC.

"Dengan BLUD, pengelolaan keuangan akan menjadi fleksibel sehingga bisa meningkatkan sarana dan prasarana untuk menunjang pelayanan masyarakat. UHC juga sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang terjangkau," pungkasnya.