Bentengi Mahasiswa dari Narkoba, USM Gandeng BNN Jateng

Untuk membentengi mahasiswa dan menciptakan kampus yang bersih dari narkoba, Universitas Semarang (USM) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah menandatangani Momeradum of understanding (MoU).


Dalam keterangan tertulisnya, penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan Rektor USM, Dr Supari ST MT dan Kepala BNNP Jawa Tengah, Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto MSi. 

Hadir dalam penandatangan tersebut Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof. Dr. Ir. Kesi Widjajanti SE MM, Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip, Ir. Soeharsojo IPU, Wakil Rektor (WR) I USM, Prof. Dr. Ir. Sri Budi Wahjuningsih MP, WR II USM, Dr. Titin Winarti SKom MM, WR III USM, Dr. Muhammad Junaidi SHI MH, jajaran senat dan dekan USM, serta jajaran staff BNNP Jateng.

Dalam sambutannya, Dr Supari menyambut baik kegiatan ini dan kerja sama yang akan dilakukan ke depan. 

"USM sangat mendukung penuh program memerangi narkoba ini, memerangi narkoba menuju Indonesia bersinar," ucapnya.

Menurutnya, berkolaborasi dengan BNNP Jateng, pihaknya akan menggalakkan program kegiatan agar USM bersih dari narkoba.

"USM siap berkolabor-aksi, bukan cuma kolaborasi. Kolaborasi yang ditempel ketat dengan aksi-aksi untuk membentengi pemuda-pemuda dari narkoba,” tandasnya.

Dia berharap, BNNP Jateng turut mengajak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) USM dan Klinik USM Jaya dalam merealisasikan kerja sama ini.

"Kami punya 31 UKM yang bisa diberdayakan untuk membuat kuliah-kuliah, dialog seperti ini menjadi menyenangkan untuk membentengi dari narkotika. Banyak fasilitas yang ada di USM, kami ingin menunjukkan ke masyarakat bahwa belajar di USM itu nyaman, tidak ada gangguan macam-macam," katanya.

"Semoga ini awal yang baik untuk ke depan bersama-sama. Kami (USM) menyiapkan generasi muda, BNN membentengi dari narkotika, kita bergerak bersama untuk menyiapkan Indonesia emas tahun 2045," tandasnya lagi.

Hal senada dikatakan Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof. Dr. Ir. Kesi Widjajanti SE MM, pihaknya juga turut mengapresiasi kerja sama ini.

"Narkoba itu musuh kita semua, kami menyambut baik dan sangat mendukung kerja sama ini. Kami berharap, kerja sama ini tidak hanya di sini tapi akan terus berlanjut,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BNNP Jawa Tengah Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto MSi mengatakan, pihaknya turut mengapresiasi kontribusi USM dalam kerja sama ke depan.

"Kami akan langsung eksekusi, mudah-mudahan kolaborasi antara USM dan BNN ini benar-benar bisa terwujud dan terlaksana dengan baik. Dengan tantangan di era media sosial, seluruh informasi ada dalam genggaman. Baik, buruk, apa pun bisa kita ambil, termasuk transaksi narkoba. Itu tidak bisa diawasi, bagaimana cara menanamkan nilai-nilai agar jangan sampai menyalahgunakannya, itu kuncinya," pesan Heru.