Bupati Batang Wihaji Kunjungi Lansia

Bupati Wihaji mendatangi tempat dua lansia itu terlantar di Desa Kalipucang Wetan, Kecamatan/ Kabupaten Batang.


Keduanya ditampung di rumah Tarhim (70) di RT 3/ RW 2 desa yang sama. Nama kedua lansia itu adalah Ratonah yang berusia 82 tahun dan Rohiyah berumur 80 tahun.

"Suami keduanya sudah meninggal dan tidak punya anak. Saya tahunya dikasih tahu tetangga yang ternyata sudah dalam kondisi lumpuh karena stroke," kata adik dari kedua janda itu, Minggu (10/10).

Ia menampung kedua kakak perempuannya dengan membuatkan ruangan setengah permanen di belakang rumahnya. Kepala desa dan warga sekitar turut membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari keduanya.

Bupati Batang Wihaji melihat langsung kondisi kedua janda yang terlantar itu. Ia sempat mengobrol beberapa saat dan memberi bantuan sejumlah uang tunai.

Usai menjenguk warga, politisi Golkar itu mengatakan bahwa warga lansia yang tinggal sebatang kara tidak hanya keduanya. Masih ada warga bernasib serupa yang ada di Kabupaten Batang.

"Kalau dari sisi pemerintah, semampu kami akan membantu. Pemerintah desa dan warga sekitar saya yakin pasti bergotong royong membantu," tuturnya.

Disinggung terkait panti sosial, Wihaji mengakui bahwa Kabupaten Batang belum mempunyainya. Menurutnya, pengadaan panti sosial bisa dilakukan secara bertahap.

Ia juga menjelaskan ada beberapa panti sosial yang bisa menampung lansia milik Pemprov Jateng di sejumlah daerah. Namun, Wihaji mengatakan tidak tega.

"Saya pribadi rasanya kok tidak sampai hati (mengirim lansia ke panti sosial)," tuturnya.