Bupati Demak : Mari Bersinergi Wujudkan Pemilu Damai

Suasana Apel Pergeseran Pasukan Pengaman TPS, Selasa (13/2). RMOL Jateng
Suasana Apel Pergeseran Pasukan Pengaman TPS, Selasa (13/2). RMOL Jateng

Bupati Demak Eisti'anah mengatakan, pemilu aman dan damai merupakan cermin kematangan demokrasi dan peran TNI dan Polrsi sebagai pelindung dan pengawal proses tersebut berdampak pada kestabilan negara. 

"Untuk itulah, mari kita siapkan fisik dan mental dalam penyelenggaraan Pemilu serentak pada 14 Februari 2024 besok. Jalankan tugas dengan penuh dedikasi, netralitas dan profesionalisme. Tingkatkan koordinasi dan sinergitas lintas sektoral, bangun komunikasi yang baik dengan masyarakat sehingga terwujud Pemilu yang damai, adil dan demokratis," tegas Bupati memimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu 2024, Selasa (13/2) di Alun-alun Simpang Enam Demak.

Sementara itu, Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya mengatakan, ada 902 personel dari Polres Demak dilibatkan dalam pengamanan masa pemungutan suara.

"Anggota yang bertugas diharapkan dapat memahami tugas pengamanan Pemilu 2024 dalam tahap pemungutan suara. Profesional dan Netralitas Polri bersama TNI menjadi prioritas bersama guna mewujudkan pesta demokrasi ini berjalan lancar, aman dan damai," katanya.

Dalam pengamanan, lanjutnya, Polres menerapkan pola  '2.16.32' untuk mengamankan TPS, yakni mengamankan 16 TPS dibantu 32 pengamanan langsung dan tidak langsung baik dari KPU maupun dari Satpol PP. Ia pun berpesan agar para perwira, kapolsek serta seluruh personel   dapat langsung berkoordinasi dengan seluruh pihak penyelenggara pemilu di lokal.

"Jalin solidaritas sinergitas bersama TNI, perangkat desa, RT/RW, serta stakeholder terkait lainnya. Semua tahapan atau proses sampai di TPS harus dijaga, pastikan betul semua aman," pungkasnya.