Bupati Karanganyar Berziarah ke Makam Sambernyawa Jelang Hari Jadi

Rangkaian Hari Ulang Tahun Karanganyar ke 104, beragam kegiatan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Karanganyar.


Salah satunya silaturahmi/ anjangsana ke rumah mantan Bupati Karanganyar sebelumnya.

Anjangsana ini merupakan tradisi kerap dilakukan pejabat Pemkab Karanganyar menjelang peringatan hari jadi Kabupaten Karanganyar dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Salah satunya bersilaturahmi di kediaman Rina Iriani Sri Ratnaningsih, mantan Bupati Karanganyar dua periode di kawasan Jaten, Karanganyar. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karanganyar Juliyatmono sampaikan tradisi ini akan diwariskan kepada pejabat-pejabat yang akan memimpin Kabupaten Karanganyar mendatang.

"Tradisi silaturahmi ini jadi momen untuk mohon bimbingannya. Yang mendahului kita doakan, kita ziarah. Termasuk hari ini, kita silaturahmi ke rumah Rina. Yang satu-satunya mantan bupati yang masih sehat dan bugar,” jelas Juliyatmono, Senin (8/11). 

Rina Iriani, sampaikan terima kasih atas kunjungan mereka di kediaman pribadinya. Sebagai orang yang dituakan Rina berpesan bahwa bertepatan dengan hari jadi ke-104 Kabupaten Karanganyar,  semoga masyarakat dan pemerintah dapat bersatu padu demi kemajuan Karanganyar. 

“Guyub rukun, bersatu padu membangun Karanganyar. Semoga dengan umur yang sudah tua, jadi semeleh, nrimo semua ikhlas bekerja dengan hati dan diniatkan ibadah,” pesan Rina.

Sebelumnya Bupati Karanganyar bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Karanganyar juga melaksanakan ziarah ke makam sesepuh Kabupaten Karanganyar. 

Diawali dengan berziarah ke makam Nyi Ageng Karang pendiri Karanganyar di Karangrejo, Karanganyar. Kemudian ke Makam Randu Songo dan Makam Temu Ireng. 

Puncaknya berziarah Makam Pangeran Sambernyawa di Astana Mangadeg dan perjalanan ditutup dengan berziarah ke makam mantan Presiden Indonesia ke-2, Soeharto di Astana Giribangun.