Cegah Longsor, Sungai Klawing Disodet

Sungai Klawing Yang Membentang Wilayah Kota Purbalingga Mengancam Sejumlah Bangunan.
Sungai Klawing Yang Membentang Wilayah Kota Purbalingga Mengancam Sejumlah Bangunan.

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Yogyakarta bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga mulai melakukan normalisasi aliran Sungai Klawing di Kelurahan Bancar Kecamatan Purbalingga.


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purbalingga, Priyo Satmoko, mengatakan normalisasi Sungai Klawing dilakukan dengan pembuatan sodetan untuk mengurangi arus sungai yang menggerus dinding sungai. Hal tersebut berdasarkan hasil assessment dan survey lokasi oleh BBWS Serayu Opak Yogyakarta beberapa waktu yang lalu.

"Hari ini alat berat sudah akan diturunkan untuk melakukan penanganan. Jadi sistem penanganannya itu akan dilakukan pembuatan sodetan untuk mengurangi arus Sungai Klawing yang menggerus tebing. Sehingga bisa mengurangi kerusakan lebih parah lagi untuk wilayah Kelurahan Bancar," kata Priyo, Selasa (23/1/2024).

Priyo menambahkan, dalam jangka panjang juga akan dilakukan perbaikan permanen pada dinding sungai oleh BBWS Serayu Opak.

"Kemudian nanti jangka panjangnya akan dilaksanakan perbaikan permanen oleh BBWS Serayu Opak. Karena aliran sungai kan merupakan wewenang BBWS," tambahnya.

Sementara itu anggota Tim Alat Berat BBWS Serayu Opak, Fitrianto Mustajib mengatakan, pihaknya akan menurunkan dua unit alat berat Excavator PC/200 Pindad.

"Dengan membuat sodetan sedimen sebanyak 96.000 meter kubik, dengan estimasi pengerjaan 39 hari kerja," ungkapnya.