Daftar Walkot Solo, Teguh Prakosa Siap 'Bersaing' dengan Tiga Kader Internal PDIP Lainnya

Teguh Prakosa serahkan berkas pendaftaran sebagai calon wali kota Solo. Istimewa
Teguh Prakosa serahkan berkas pendaftaran sebagai calon wali kota Solo. Istimewa

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa hari ini, Sabtu (18/5), resmi menyerahkan syarat pendaftaran tahap penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 


Sebelumnya Teguh Prakosa telah mendaftar secara online, dan hari ini tinggal memasukkan berkas persyaratannya ke kantor sementara DPC PDIP di Pucang Sawit Solo.  

Kedatangan Teguh yang diantar kader PAC dari  lima kecamatan, diterima secara langsung oleh anggota tim penjaringan bakal Cawali-Cawawali PDI-P, Budi Prasetyo. 

Sekretaris DPC PDIP  hari ini bersama seluruh jajaran lima PAC di Solo mewakili partai mendaftarkan dirinya dalam bursa Pilwalkot Solo 2024 mendatang.

"Semoga pendaftaran hari ini oleh panitia penjaringan bisa diteruskan ke DPP dengan harapan bisa menerima rekomendasi sebagai Bakal Calon Walikota Solo 2024-2029

Teguh menyampaikan Walikota Solo saat ini sudah mendapat tempat dan jabatan yang baru. Yang mana sesuai harapan seluruh kader partai, aspirasi dari akar rumput mendorongnya untuk masuk menjadi bakal calon walikota. 

"Ini merupakan kehendak seluruh jajaran kader partai dari akar rumput maupun DPC PDIP," imbuhnya. 

Teguh sebut banyak juga kader internasional  PDIP yang juga mendaftar penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota. Mulai dari mantan dewan, ada juga dewan yang dalam pileg kemarin ini tidak mencalonkan kembali. 

"Termasuk juga dari  kalangan eksternal dengan beragam profesi. Mulai pengusaha, akademisi," imbuhnya. 

Sampai hari ini total sudah ada enam orang yang telah mendaftar sebagai bakal calon walikota. Mereka semua telah mengembalikan berkas. Seperti Ginda Ferachtriawan, Rudi Indijarto, M Taufiq. Kemudian Her Suprabu, Kevin Fabiano. Dan siang tadi ada, Teguh Prakosa yang mendaftar. 

Dari nama-nama diatas, ada beberapa diantaranya merupakan kader internal PDIP seperti Ginda, Her Suprabu, Kevin, dan Teguh Prakosa. 

Sementara untuk pendaftar bakal calon wawali ada 10 bakal calon wakil walikota. Tiga orang belum mengembalikan formulir yakni Wawanto, Aulia Haryo Suryo dan Roy Saputra. 

Tujuh calon wawali lainnya adalah Widadi, Kusumo Putro, Muchus Budi R,  Nur hafizhin, Ibnu Kurniawan, Haryoto Paulus, Ignasia Sukma Putri Maharani. 

Ketua Tim Penjaringan DPC PDIP Solo, Paulus Haryoto sebut setelah pendaftaran ditutup pada 24 Mei, DPC PDIP Solo akan melakukan penyaringan. Nama yang telah disaring ini nantinya akan diserahkan ke DPP PDIP 

"Sampai saat ini sudah 16 orang yang mendaftar. Diantaranya enam orang sebagai calon wali kota Solo dan sisanya wakil wali kota Solo," pungkasnya.