Dalang Kondang Ki Mantep Sudarsono Tutup Usia

Berita duka datang dari lereng gunung Lawu,  Karangpandan, Karanganyar.  Maestro dunia perdalangan Ki Manteb Sudharsono (72) tutup usai di kediaman pribadinya di Doplang, Karangpandan, Jumat (2/7) sekitar jam 09.45 WIB. 


Sebelumnya Ki Mantep memang  sering mengeluh sakit dan sudah beberapa kali dirawat di rumah sakit.

Kerabat Ki Mantep Sudarsono,  Ade Irawan sampaikan, almarhum dalam kondisi sakit, namun hanya mendapatkan perawatan dengan diinfus di rumah. Dari hari Senin (28/6) dirawat di rumah. Tes antigen almarhum positif. Dirinya juga sempat ngantar dua oksigen ke rumah almarhum.

"Kamis pagi, rencana mau dibawa ke rumah sakit, sayang rumah sakit penuh baru dapat jati Husada mau dibawa ke sana. Almarhum memang memiliki riwayat penyakit paru-paru," jelasnya,  Jumat (2/7).

Ade menyebut aktifitas almarhum memang padat. Di usianya yang sudah sepuh tetap eksis dengan dunia perdalangan yang sudah sudah mendarah daging. Beberapa hari lalu baru datang dari Jakarta pagelaran wayang live.

"Sempat ke Jakarta naik mobil bareng ibu untuk pentas. Di Karangpandan juga pentas," imbuhnya.

Rencananya almarhum akan dimakamkan di pemakaman keluarga di dukuh Suwono, Doplang Karangpandan dengan standart Covid. 

Diketahui Ki Mantep dikenal dengan sabetan wayangnya yang luar biasa, hingga dijuluki "dalang, setan". Bahkan almarhum menjadi duta mewakili negara untuk menerima penghargaan wayang sebagai the Intangible of Humanity dari Unesco di Prancis tahun 2005.