'Deadline' Pedagang Nakal Pasar Johar, Disdag Kota Semarang Ancam Bongkar Paksa

Lapak pedagang lantai atas Pasar Johar, Kota Semarang. Dicky Aditya/Dok.RMOLJateng
Lapak pedagang lantai atas Pasar Johar, Kota Semarang. Dicky Aditya/Dok.RMOLJateng

Semrawutnya kondisi pedagang di Pasar Johar, memaksa Dinas Pedagangan (Disdag) Kota Semarang, bersiap membongkar paksa lapak-lapak yang tak sesuai peruntukan.

Kepala Bidang Penetapan dan Penataan Disdag Kota Semarang Akbar Ali Nurdin menegaskan, para pedagang sejatinya sudah ditata dan disesuaikan dengan izin dagang yang telah ditentukan.

Namun, kenyataannya masih banyak pedagang nakal yang tak mematuhi tata aturan yang telah ditetapkan dengan menggelar lapak sembarangan. 

"Kita sampaikan teguran keras bagi para pedagang yang tempat berjualan mereka di tempat-tempat tertentu dilarang digunakan jualan. Mereka oleh tim diberikan batas waktu pindah tempat, jika dilanggar lagi upaya penertiban represif dengan membongkar lapak," kata Ali, Kamis (22/2). 

Ali juga memastikan, pihaknya akan terus melakukan pemantaun rutin agar Pasar Johar bisa lebih tertata dengan baik dan tidak semrawut seperti sekarang.

"Setiap hari tim bergerak mendata dan berikan teguran bagi para pedagang agar tertib menempati lapaknya sendiri-sendiri. Kita akan tegas karena sangat merugikan dan menggangu pedagang lain dan pembeli tidak nyaman," tegas Ali.