Disdikbud Batang Ganti Laptop di Dua SMP Negeri yang Dicuri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang memastikan pengadaan laptop untuk SMPN 1 Kandeman dan SMPN 1 Warungasem. Kedua sekolah itu merupakan korban pencurian laptop hingga kini belum terungkap.


"Kalau pencurian laptop untuk ranah hukum kita tidak ikut-ikut. Tapi kami sudah ada solusinya yaitu dua SMP itu dapat laptop di APBD Perubahan 2023," kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang, Sumanto saat ditemui di kantornya, Senin (28/8).

Ia menyebut, per sekolah mendapat Rp 200 juta pada anggaran APBD perubahan. Anggaran bukan berbentuk uang tapi langsung laptop.

Sumanto menyebut anggaran sebesar itu bisa untuk pembelian 15 unit laptop. Seluruh pengadaan barang melalui sistem E Katalog.

Kasus pencurian laptop dan komputer terjadi di dua sekolah itu. Pencurian laptop di SMPN 1 Warungasem terjadi pada Rabu 16 November 2022. Lalu di SMPN 1 Kandeman pada 31 Maret 2023.

Total 14 Laptop SMPN 1 Warungasem dicuri pada Rabu 16 November 2022 dini hari. Pelaku berhasil menggasak 14 laptop, satu LCD, dan satu charger. Aksi Pelaku terekam cctv dan salah satu sandalnya tertinggal.

Lalu Peristiwa pencurian komputer kembali terjadi di Kabupaten Batang. Kali ini, 15 komputer bertipe all in one milik SMP Negeri 1 Kandeman yang disikat pencuri.  Peristiwa itu terjadi pada 31 Maret 2023.

"Bukan laptop, tapi PC all in one yang komputer model monitor sekalian PC. Kalau total kerugian ya sekitar Rp93 juta," kata Kepala SMPN 1 Kandeman, Tikwo Hardono.