Gagal Melenggang ke Kursi DPRD, Caleg Asal Pati Ditangkap Polisi Saat Pesta Serbuk Setan

Polresta Pati mengungkap enam kasus narkoba dalam Operasi Pekat Candi 2024 dengan 10 tersangka dan total barang bukti sabu seberat 2,62 gram. Arif Edy Purnomo/RMOLjateng
Polresta Pati mengungkap enam kasus narkoba dalam Operasi Pekat Candi 2024 dengan 10 tersangka dan total barang bukti sabu seberat 2,62 gram. Arif Edy Purnomo/RMOLjateng

Ibarat sudah jatuh tertimpa tanggal pula, kira-kira peribahasa ini yang dialami AR (36), seorang calon legislatif (Caleg) asal Desa Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati. Setelah gagal melenggang ke kursi DPRD Jateng, AR justru harus berurusan dengan polisi.

AR terpaksa diringkus tim Satuan Reserse Narkoba Polresta Pati, saat asyik berpesta sabu dengan rekan-rekannya. Pelaku itu ditangkap bersama tiga orang rekannya, yakni SK (31), M (30), dan K (35) di Desa Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, Pati baru-baru ini.

Pelaku AR diketahui mencalonkan diri sebagai caleg Partai Golkar untuk DPRD Jateng. Namun dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024 itu,  ia gagal mendulang suara. Sebelumnya, AR sempat menjabat wakil rakyat di DPRD Pati periode 2019-2024.

"Terkait informasi yang beredar ada tersangka kasus narkoba mantan caleg, memang kami benarkan dan memang demikian," ungkap Kapolresta Pati melalui Kasat Reserse Narkoba Polresta Pati AKP Edi Sutrisno dalam konfrensi pers di Mapolres Pati baru-baru ini.

Empat tersangka penyalahgunaan narkotika tersebut, kata AKP Edi Sutrisno, tertangkap saat Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) Candi 2024. Empat pelaku semuanya merupakan warga Kabupaten Pati.

“Dari penggerebekan itu, penyidik menyita barang bukti berupa sabu seberat 0,31 gram dan satu set bong atau alat isap sabu,” tukas Edi.

Sebelum dilakukan penangkapan, Satuan Reserse Narkoba Polresta Pati menerima informasi bahwa para tersangka usai bertransaksi serbuk setan.

"Dari hasil pengembangan penyelidikan, AR saat ini menjalani proses rehabilitasi di Semarang. Statusnya pengguna," cetus Edi.

Sebelum menjadi caleg DPRD Provinsi, AR diketahui menjabat sebagai anggota DPRD Pati periode 2019-2024. Namun di penghujung masa jabatannya, pelaku memilih mengundurkan diri karena berpindah partai.

Untuk diketahui, Polresta Pati mengungkap enam kasus penyalahgunaan narkoba dalam gelaran Operasi Pekat Candi 2024. Hasilnya, 10 tersangka ditangkap dengan total barang bukti sabu seberat 2,62 gram.

Perincian kasusnya, yakni di TKP Desa Kedungsari, Kecamatan Tayu, polisi menangkap tersangka S (54) dengan barang bukti 0,35 gram sabu. Di TKP Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu, EO (42) dibekuk dengan barang bukti sabu 0,51 gram.

Kemudian di TKP Kelurahan Pati Wetan, Kecamatan Pati, polisi menyita sabu seberat 0,23 gram dari tersangka NI (54). Selanjutnya di Kelurahan Pati Wetan, polisi juga mendapati tersangka HA (47) dengan barang bukti sabu 0,85 gram.

Penangkapan juga dilakukan di TKP Desa Bakalan, Kecamatan Dukuhseti, 0,37 gram sabu disita petugas dari tersangka PS (37) dan SH (39). Terakhir, di TKP Desa Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, AR (36) bersama SK (31), M (30), dan K (35) ditetapkan sebagai tersangka atas kepemilikan sabu seberat 0,31 gram.