PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang mencatat terjadinya peningkatan kedatangan penumpang pada Jumat, (28/3).
- Pesantren di Jepara Diminta Jadi Contoh Jauhi Politik Uang saat Pemilu
- Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Tengah Kritik PP Nomor 28 Tahun 2024
- Ketua DPRD Salatiga : Perlu Payung Hukum Media Online
Baca Juga
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo memprediksi H-3 sebagai salah satu puncak arus mudik di Daop 4 Semarang.
“Sesuai data pada hari pukul 10.00 WIB, jumlah kedatangan penumpang di stasiun wilayah Daop 4 Semarang mencapai 27.775 penumpang," ujarnya.
Angka tersebut diperkirakan masih terus alami peningkatan hingga mendekati angka 29 ribu pada hari ini.
Dipaparkan, kedatangan penumpang tertinggi terjadi di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dengan jumlah 8.249 penumpang, menyusul Stasiun Tegal 4.528 penumpang, Stasiun Semarang Poncol 4.207 penumpang, Stasiun Pekalongan 3.537 penumpang, Stasiun Cepu 1.882 penumpang, Stasiun Pemalang 1.797 penumpang dan Stasiun Ngrombo sebanyak 1.152 penumpang.
Peningkatan juga terjadi pada keberangkatan penumpang yang mana pada hari ini terdapat 22.043 penumpang yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 4 Semarang ke berbagai daerah tujuan.
"Keberangkatan penumpang tertinggi pada hari ini didominasi terjadi di Stasiun Semarang Poncol dengan jumlah 8.096 penumpang, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng 7.247 penumpang, Stasiun Tegal 2.170 penumpang, dan Stasiun Pekalongan sebanyak 1.614 penumpang," ujarnya.
Diprediksi, pada besok hari Sabtu, 29 Maret 2025 (H-2) hingga Minggu, 30 Maret 2025 (H-1) kedatangan penumpang di stasiun wilayah Daop 4 Semarang juga akan meningkat, dengan prediksi lebih dari 28 ribu penumpang.
Franoto memaparkan, KAI telah menerapkan layanan face recognition boarding gate yang memudahkan penumpang untuk naik kereta api, tanpa repot menunjukkan dokumen saat proses boarding.
Untuk wilayah Daop 4 Semarang, stasiun yang sudah menerapkan fasilitas itu meliputi Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal dan Stasiun Pekalongan.
“Hadirnya fasilitas tersebut sebagai wujud komitmen KAI memberi layanan lebih cepat, praktis, dan ramah lingkungan. Fasilitas ini memungkinkan pelanggan cukup melakukan pemindaian wajah untuk proses boarding," pungkasnya.
- Insiden Kaligawe, KAI Daop 4 Ingatkan Lebih Waspada di Perlintasan Sebidang
- Perjalanan Panjang Kereta Api Indonesia Dibedah dalam Kuliah Pakar di UNS
- Pejalan Kaki di Grobogan Tewas Tertemper KA Argo Bromo Anggrek