H-5 Lebaran, Kendaraan Pemudik Keluar di Kalikangkung Per Jam Rata-rata 1.000 Kendaraan

Rata-rata pemudik yang keluar di Gerbang Tol Kalikangkung hingga H-5 lebaran hari ini per jam mencapai 1.000 kendaraan. Istimewa
Rata-rata pemudik yang keluar di Gerbang Tol Kalikangkung hingga H-5 lebaran hari ini per jam mencapai 1.000 kendaraan. Istimewa

Arus mudik Lebaran 2024 ini, Jumat (5/4) ini merupakan H-5 jelang hari raya. Pemudik dari arah Jakarta yang masuk di Gerbang Tol Kalikangkung terus meningkat sampai hari ini. 


Berdasarkan data pantauan kepadatan pemudik, pos terpadu Kalikangkung mencatat sejak H-7 lebaran sampai H-5 ini sudah ada 14 ribu lebih kendaraan pemudik melintas.

Dengan jumlah itu, maka rata-rata hitungan per jam diperkirakan sebanyak 1.000 kendaraan masuk di GT Kalikangkung. 

Kepala Pos Terpadu Kalikangkung AKP Sujid mengatakan, meski belum sampai puncak tertinggi kepadatan, pihaknya tetap akan memantau terus peningkatan arus mudik yang memasuki Kalikangkung. Kenaikan diperkirakan akan terus berlanjut sampai H-3. 

"Setiap hari dalam kurun waktu H-7 sampai hari ini ada kenaikan pemudik yang keluar di Kalikangkung. Kita perkirakan, mulai hari ini arus mudik akan mulai padat sampai beberapa hari ke depan," jelasnya. 

Bila memperhatikan data pantauan arus mudik, angka kenaikan pemudik yang memasuki GT Kalikangkung paling banyak saat sore sampai malam hari pada pukul 18.00-22.00.

Kepadatan diprediksi bakal kembali bertambah mulai Jumat ini sampai beberapa hari jelang lebaran pada saat puncak arus mudik berlangsung.