H-6, Pemudik Masuk Kalikangkung Sejak Pagi Terus Bertambah

H-6 lebaran Kamis (4/4) pagi sampai siang ini kendaraan pemudik yang memasuki Gerbang Tol Kalikangkung terus bertambah. Dicky Aditya/RMOLJateng
H-6 lebaran Kamis (4/4) pagi sampai siang ini kendaraan pemudik yang memasuki Gerbang Tol Kalikangkung terus bertambah. Dicky Aditya/RMOLJateng

Para pemudik dari arah Jakarta, pada H-6 lebaran, Kamis (4/4) ini, sejak pagi mulai memasuki Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, dan hingga siang ini terus bertambah. Antrean kendaraan pun terlihat di gardu pembayaran tol, namun tidak panjang.


Nantinya diperkirakan, kenaikan pemudik masuk dari Jabodetabek ke Jawa Tengah maupun Jawa Timur, akan diprediksi semakin padat sebelum H-5, pada 5 April besok pagi. 

Direktur Utama Jasa Marga Semarang-Batang Nasrullah mengatakan, walau belum mencapai puncak arus mudik, para pemudik yang masuk Kalikangkung sejak H-7, Rabu (3/4) kemarin besar perkiraannya akan alami peningkatan terus setiap hari.

Pemudik yang mudik lebih awal kemungkinan sengaja untuk menghindari puncak mudik yang diprediksi pada 5 dan 6 April. 

"Ini kendaraan dari arah Jabodetabek sudah ramai sejak kemarin. Mungkin banyak pemudik yang menghindari puncak arus mudik karena risiko terjebak macet di dalam tol, rest area, dan di pintu keluar, sehingga para pemudik jalan awal," jelasnya. 

Berdasarkan data hasil pantauan petugas tol, lonjakan peningkatan para pemudik yang masuk dari arah Jabodetabek di Kalikangkung paling banyak saat malam hari.

Selama dua hari, dibandingkan pagi hingga siang, angka pemudik memasuki GT Kalikangkung, lebih banyak jumlahnya pada malam dan dini hari.