Hadapi Lebaran, Pramuka Buka Posko Mudik 

Upacara pembukaan Posko Mudik Lebaran Pramuka Peduli 2024 di halaman kantor Kecamatan Tugu Jl. Walisongo No.KM 10, Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (5/4) sore. Umar Dani/RMOLJateng
Upacara pembukaan Posko Mudik Lebaran Pramuka Peduli 2024 di halaman kantor Kecamatan Tugu Jl. Walisongo No.KM 10, Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (5/4) sore. Umar Dani/RMOLJateng

Menjelang datangnya hari Lebaran, Gerakan Pramuka kota Semarang tidak ketinggalan membuka posko siaga untuk para pemudik yang berasal dari luar kota Semarang.


Ketua Kwartir Cabang (Kwacab ) kota Semarang Drs Adhi Tri Hananto mengatakan pembentukan posko mudik merupakan program rutin dari Kwarcab menjelang datangnya hari raya idul Fitri.

Menurut Adhi, untuk  tahun ini , Kwarcab  mengambil tema Posko mudik Lebaran Pramuka Peduli 2024 dalam  rangka membantu kebutuhan pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman.

"Kami sangat peduli dengan pemudik terutama menyangkut kesehatan,  keselamatan dan kenyamanan mereka yang ingin pulang kampung sehingga kami menyediakan tempat bagi mereka Kecapekan sehingga ingin istirahat " kata Adhi usai upacara pembukaan posko di halaman kantor Kecamatan Tugu, Jumat (5/4) sore.

Dia menjelaskan, Posko mudik Pramuka peduli  berkolaborasi dengan Tagana dan PMI menyediakan tempat tidur sebanyak 18 bed, tim kesehatan dengan ambulance yang selalu stand by.

" Untuk pemudik kami sediakan konsumsi baik minuman maupun makanan yang tersedia gratis bagi pemudik yang istirahat di posko ini" kata Adhi.

Selain untuk pemudik, posko yang akan berlaku mulai Jumat (5/4) hingga jelang lebaran , petugas menyiapkan tim untuk membantu bila terjadi bencana.

"Kkita juga siap membantu bencana alam dengan tim  Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) sehingga apapun bentuknya bencana , kita siap untuk turun membantu " kata Adhi.

Adhi berharap selama pelaksanaan posko peduli ini, bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi sesama. "Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa selama pelaksanaan posko" kata Adhi.

Ketua pelaksana Posko mudik Lebaran Pramuka Peduli 2024 Oki prasetyo menambahkan , pelaksanaan posko akan berlangsung mulai Jumat hingga H-1 lebaran.

Menurut Oki, sudah menyiapkan tim untuk bertugas di posko yang terbagi dalam tiga shift.

"Setiap posko nantinya akan dijaga 20 personel yang terbagi dalam  tiga shift, sehingga setiap harinya ada 60 orang yang berjaga" kata Oki.

Upacara pembukaan yang diikuti oleh ratusan anggota Kwarcab kota Semarang, dengan dihadiri oleh Camat Tugu Abdul Haris Nur Hidayat SSos , Kapolsek Tugu Kompol Fajar Widyanto SH MSi dan Babin Tugurejo Sertu Hendri Mewakili Danramil.