Hadiri Halal Bihalal Ansor, Kapolda Jateng: Lha Wong Darahku NU!

Halal Bihalal dan silaturahmi pengurus wilayah GP Ansor Jateng dengan mengundang Kapolda Jawa Tengah berlangsung di Hotel Pandanaran Kota Semarang, Kamis (2/5). Istimewa
Halal Bihalal dan silaturahmi pengurus wilayah GP Ansor Jateng dengan mengundang Kapolda Jawa Tengah berlangsung di Hotel Pandanaran Kota Semarang, Kamis (2/5). Istimewa

Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah menggelar halal bihalal bagi pengurus se Jawa Tengah, Kamis (2/5).


Menariknya, gelaran ini dihadiri langsung Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi yang sengaja diundang dalam rangka sinergitas antara kepolisian dengan organisasi masyarakat (Ormas) dibawah bendera Nahdlatul Ulama (NU) itu.

"Ansor adalah penolong, menolong dalam segala aspek kehidupan masyarakat. Paling tidak, menolong untuk menegakan amar makruf nahi munkar," kata Ahmad Luthfi memberikan apresiasinya di depan para pengurus Ansor 

Kapolda juga mengungkapkan, bahwa  sebenarnya dirinya merupakan warga NU. Bahkan pernah menjadi aktivis badan otonom NU. 

Sehingga cukup mengetahui amalan maupun arah perjuangan NU untuk kemaslahatan ummat. "Aku ngerti, lha wong darahku NU," ujarnya.

Ia juga menceritakan pengalamannya ketika dirinya masih menjadi aktivis mahasiswa dan masih muda. "Ketua PMII Cabang Surabaya saat itu saya. Jadi saya seniormu. Aku sudah pernah jadi Ansor," ungkapnya.

Maka, lanjutnya, Kapolda berharap para kader GP Ansor di daerah untuk aktif berkolaborasi dengan aparat kepolisian. Bukan hanya di sektor Kamtibmas namun juga bidang lain dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan lainnya.

Sementara itu, Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, Sholahuddin Aly mengungkapkan, selama ini GP ansor dalam berkegiatan di lapangan sering bermitra dengan kepolisian, maka dalam momentum bulan Syawal ini digelar halal bihalal.

Kemudian terkait menjelang Pilkada 2024 atau Pilgub Jateng 2024, Gus Sholah menegaskan, kegiatan tersebut tak ada kaitannya dengan politik menjelang Pilkada 2024.

"Apa kegiatan ini ada unsur politik? Tidak ada. Politik biar urusan partai-partai. Ini hanya kegiatan untuk mempererat silaturahim antara kader GP Ansor dengan Kepolisian," ungkap Gus Sholah.