Harga Beras di Tiga Pasar  Kota Kretek Tak Kunjung Turun

Pj Bupati Kudus Hasan Chabibie mengunjungi salah satu usaha penggilingan beras di Kecamatan Jekulo Kudus. Arif  Edy Purnomo/Dok.RMOLJateng
Pj Bupati Kudus Hasan Chabibie mengunjungi salah satu usaha penggilingan beras di Kecamatan Jekulo Kudus. Arif  Edy Purnomo/Dok.RMOLJateng

Harga beras di tiga pasar yang ada di Kudus yakni di Pasar Bitingan, Pasar Kliwon dan Pasar Jember, belum menunjukkan perubahan harga yang signifikan.

Hal tersebut berdasarkan pantauan yang dilakukan Dinas Perdagangan (Disdag) Kudus, Selasa (19/3).

Disdag mencatat untuk harga beras premium masih Rp 15 ribu per kilogramnya. Sedangkan untuk beras medium harganya Rp 13.500 per kilogram.

Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Disdag Kudus, Minan Mochamad mengakui bahwa harga beras di tiga pasar di Kudus belum menunjukkan perubahan signifikan.

Tidak hanya harga beras yang dipantau. Disdag juga mencatat harga gula pasir per kilogramnya Rp 16.500. Harga minyak goreng curah Rp 15.000 per liter di Pasar Bitingan dan Pasar Jember. Sedangkan di Pasar Kliwon seharga Rp 15.500 per liternya untuk minyak curah.

Kemudian untuk merek Bimoli botol,  kata Minan, harganya Rp 18 ribu di Pasar Bitingan dan Pasar Jember. Sementara di Pasar Kliwon harganya mencapai Rp 18.500.

Selanjutnya untuk harga daging ayam ras Rp 37 ribu perkilogram di Pasar Bitingan. Di Pasar Kliwon Rp 39 ribu dan di Pasar Jember Rp 38 ribu. Untuk harga daging ayam kampung di Pasar Bitingan Rp 58 ribu, di Pasar Kliwon Rp 60.ribu dan di Pasar Jember Rp 60 ribu.

Harga telur ayam negeri yakni Rp 32 ribu ribu di Pasar Bitingan dan Pasar Jember, dan di Pasar Kliwon Rp 32.500. Sedangkan telur ayam kampung harganya Rp 50 ribu di Pasar Bitingan dan Pasar Jember, serta di Pasar Kliwon seharga Rp 52 ribu.

Kemudian harga cabai keriting di Pasar Bitingan Rp 56 ribu per kilo, Pasar Kliwon Rp 58 ribu per kilo, di Pasar Jember Rp 57 ribu per kilo. Harga cabai rawit merah di Pasar Bitingan Rp 65 ribu, di Pasar Kliwon Rp 67 ribu dan di Pasar Jember Rp 66 ribu.

Untuk harga bawang merah di Pasar Bitingan Rp 34 ribu per kilogram, di Pasar Kliwon Rp 36 ribu per kilogram dan di Pasar Jember Rp 35 ribu per kilo.

Sementara untuk komoditi bawang putih, yakni di Pasar Bitingan Rp 42 ribu per kilo, di Pasar Kliwon Rp 44 ribu per kilo serta di Pasar Jember Rp 43 ribu per kilogram.