Hore..Jabatan Kades di Purworejo Diperpanjang

Kepala DPPPAPMD Kabupaten Purworejo, Laksana Sakti. Budi Agung/RMOLJateng
Kepala DPPPAPMD Kabupaten Purworejo, Laksana Sakti. Budi Agung/RMOLJateng

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang rencananya bakal digelar pada tahun 2025 di Kabupaten Purworejo, batal.

Hal ini tak lepas dari disahkannya UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan kedua atas UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. 

Dimana salah satu pasalnya mengatur perpanjangan masa jabatan Kepala Desa dari enam tahun menjadi delapan tahun.

Atas dasar itu pula, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPPAPMD) Kabupaten Purworejo menargetkan pengukuhan dan penyerahan surat keputusan perpanjangan masa jabatan kades maksimal bulan depan. 

"Sesuai ketentuan pasal 118 Undang-Undang no 3 tahun 2024 tentang Perubahan Kedua UU 6 tahun 2014 tentang Desa, Pemerintah Kabupaten Purworejo akan segera melaksanakan Pengukuhan dan Penyerahan SK Perpanjangan Masa Jabatan Kades 2 tahun ke sejumlah 465 kades. Paling lambat bulan depan," kata Kepala DPPPAPMD Purworejo, Laksana Sakti, Rabu (22/5).

Lebih lanjut dijelaskannya, di Kabupaten Purworejo terdapat 469 desa, namun hanya 465 desa yang mendapat perpanjangan masa jabatan. Empat desa lainya masih dijabat oleh PJ kepala desa.

"4 desa lain saat ini masih dijabat oleh Pj Kades. Dan nantinya untuk menyesuaikan waktu hingga dilaksanakan pilkades serentak kedepan, 4 desa yang dijabat PJ ini akan dilakukan PAW atau pemilihan kepala desa antar waktu," imbuh Laksana.

"Harapannya kepada Kades agar dapat lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas dalam rangka pelayanan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.