Janji Sampaikan Tuntutan Mahasiswa Ke Pusat, Ganjar Juga Minta Pendemo Bersih-bersih

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akhirnya menemui ribuan mahasiswa yang berdemonstrasi di depan Gedung DPRD Jateng.


Ganjar datang tepat setelah pagar DPRD Jateng dirobohkan oleh massa. Kedatangan Ganjar langsung disambut tepuk tangan pendemo.

"Sejak beberapa hari ini saya mengikuti aksi ini, beberapa teman aktivis juga meminta izin untuk menggelar aksi. Saya persilahkan, bahkan sebenarnya saya sudah menyiapkan tempat sejak kemarin untuk menerima kawan-kawan yang akan menyampaikan tuntutan," ucap Ganjar berbicara di atas podium orasi mahasiswa, Selasa (24/9/2019).

Ia menyayangkan kerusakan yang terjadi pada pagar yang disebabkan demo.

Meski begitu, Ganjar tetap mengapresiasi aksi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa itu.

"Pagar dan taman ini adalah uang dari kalian juga, seharusnya tidak perlu dirusak karena saya harus mengeluarkan anggaran lagi untuk memperbaikinya. Bagaimana kalau besok, saya undang kawan-kawan semua untuk bersih-bersih dan memperbaiki taman yang dirusak itu, setuju tidak," tanya Ganjar dan dijawab dengan kompak oleh mahasiswa 'setuju'.

Ganjar pun menegaskan akan menyampaikan aspirasi itu sampai ke tingkat pusat.

Sementara itu, para peserta aksi meminta Ganjar menandatangani beberapa tuntutan yang mereka bacakan.

Tuntutan itu seperti membatalkan RKUHP, menolak revisi UU KPK, mendesak DPR segera mengesahkan RUU kekerasan seksual dan sejumlah tuntutan lainnya.

Ganjar pun membubuhkan tandatangan di atas kertas tuntutan mahasiswa itu. Setelah itu, ia turun dari podium dan meminta mahasiswa untuk melanjutkan aksi demonstrasi dengan tertib.