KAI Minta Masyarakat Waspada Terhadapp Akun Twitter Palsu

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengingatkan kepada masyarakat agar waspada terhadap akun media sosial palsu mengatasnamakan Contact Center KAI di platform Twitter.


Akun-akun palsu tersebut memiliki foto profil dengan logo KAI121 dan memiliki nama akun Kereta Api Indonesia namun dengan username berbeda, yakni bukan @KAI121 yang merupakan username resmi Contact Center KAI.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko mengatakan, KAI sangat menyayangkan aksi oknum tidak bertanggung jawab telah membuat akun seolah mengatasnamakan akun Twitter resmi Contact Center KAI. 

Ixfan mengimbau, agar masyarakat lebih teliti dan berhati-hati, saat berinteraksi dengan akun-akun penipuan yang mengatasnamakan akun resmi Contact Center KAI.

"Jadi kalau akun yang palsu itu tidak memiliki centang biru verifikasi dan jumlah followersnya masih sedikit. Akun itu juga sering meminta korban menghubungi nomer WhatsApp yang tidak resmi atau pribadi dan meminta data-data pribadi pelanggan," ungkap Ixfan, Kamis (26/1). 

Pihaknya menjelaskan, akun Twitter resmi KAI121 tidak pernah mengarahkan untuk berinteraksi melalui nomor WhatsApp pribadi. Nomor WhatsApp resmi KAI121 yaitu 081112111121 dengan ciri sudah mendapat centang hijau terverifikasi.

Ixfan menambahkan, jika masyarakat menemukan akun palsu dengan ciri-ciri di atas masyarakat dapat segera melaporkan langsung ke Twitter melalui fitur report atau menyampaikannya ke akun resmi KAI untuk dapat segera ditindaklanjuti.