Kejuaraan Mitra Klub PB Djarum 2024 Kesempatan Emas Atlet Muda Curi Perhatian

Ricky Mainaki (kiri) berfoto bersama para juara ganda pemula putri Kejuaraan Mitra Klub Djarum. Arif Edy Purnomo/Dok.RMOLjateng
Ricky Mainaki (kiri) berfoto bersama para juara ganda pemula putri Kejuaraan Mitra Klub Djarum. Arif Edy Purnomo/Dok.RMOLjateng

Kejuaraan Mitra Klub PB Djarum 2024 menjadi kesempatan emas melakukan akselerasi dan pemerataan kemampuan terhadap atlet-atlet klub mitra PB Djarum di penjuru Nusantara.  

Dengan meningkatnya kemampuan, diharapkan lahir atlet-atlet bulutangkis berkualitas di Indonesia. 

Hal tersebut bisa dilihat saat putaran kejuaraan tahun kedua, yang dikuti 363 atlet dari 27 klub mitra PB Djarum di Indonesia. Ratusan pemain berpartisipasi dalam kompetisi sengit di GOR Djarum, Jati, Kudus yang telah berlangsung sejak tanggal 20 hingga24 Februari 2024.

“Kejuaraan ini memberikan para atlet binaan klub mitra PB Djarum jam terbang tambahan di luar kalender kompetisi bulu tangkis yang sudah ada,” ujar Sigit Budiarto selaku Ketua Panitia Penyelenggara Kejuaraan Mitra Klub PB Djarum, Sabtu (24/2).

Karena itu Sigit berharap, para atlet-atlet muda dapat memanfaatkan kompetisi itu untuk melakukan akselerasi kemampuan mereka sehingga lebih berprestasi.

“Bagi klub mitra, ajang ini dimaksudkan sebagai pemerataan pengetahuan dalam membina atlet-atlet muda. Sehingga sekalipun klub tersebut berada di daerah, tetap bisa menjalankan pola pembinaan yang efektif mengembangkan bakat dan kemampuan si atlet,” kata Sigit.

Di lain pihak, Aditya Sindoro, selaku pelatih dari Champion Klaten mengaku bahwa kejuaraan ini menjadi ajang meningkatkan kemampuan atlet usia muda. Selain itu, memperkokoh pola pembinaan bagi klub-klub mitra dalam melahirkan talenta-talenta berkualitas.

“Tidak hanya menjadi sarana adu skill di atas arena, kompetisi ini juga memuat berbagai pelatihan dan sharing session bagi para pelatih klub mitra yang mengulik pola pembinaan bagi atlet usia dini,” terangnya.

Menurut Aditya, tidak hanya atletnya yang dapat mengukur kemampuan mereka di lapangan. Namun dalam kompetisi ini, jajaran pelatih juga bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman membina atlet usia dini secara efektif.

“Sehingga kami berharap penyelenggaraan kejuaraan bagi klub-klub mitra PB Djarum ini dapat diselenggarakan secara rutin. Karena banyak hal yang kami dapat, baik dari sisi pemain maupun pelatih," jelasnya.

Ia juga bersyukur atas keberhasilan anak-anak didiknya, yang berhasil menciptakan laga final sesama Champion Klaten.

Dalam pencapaian positif di sektor Ganda Pemula Putra tersebut, dapat memotivasi para pemain di empat nomor lain di klub yang dibinanya.

"Setelah persiapan selama dua bulan terakhir, kami sangat puas dengan hasil 'all-final' Champion Klaten ini. Bahkan, tiga wakil kami menjadi semifinalis. Inilah puncak keberhasilan kami di kejuaraan ini," kata Yang Yang, sapaannya.

Untuk diketahui, keinginan kuat meraih podium tertinggi ditunjukkan puluhan atlet yang bersaing di laga final Kejuaraan Klub Mitra PB Djarum 2024.

Dalam rangkaian partai puncak yang digelar di GOR Djarum Kudus, , puluhan atlet muda bersaing sengit untuk meraih titel kampiun di empat kategori, yaitu U-9, U-11, U-13, dan U-15.

Aqila Zyan Noufalin, yang turun di kategori U-9 Putri, keluar sebagai juara seusai menghentikan perlawanan Della Alvera Telaumbanua dari PB Suluh.  

Setelah kehilangan gim pembuka, pebulu tangkis belia asal Ariesta Semarang ini mampu bangkit di gim kedua dan mengunci kemenangan di gim penentu dengan skor 17-21, 21-13, 21-19. "Tadi ndak ada rasa capek, pokoknya saya coba kejar terus poin sampai selesai," ucap Zyan.