Kepala Cabang Abutour Penuhi Panggilan Polisi

Kepala cabang Abutour yang dilaporkan oleh Jamaahnya terkait pembatalan pelaksanaan ibadah Umrah yang rencananya diberangkatkan awal Februari 2018, memenuhi panggilan unit idik I Reserse Umum Satreskrim Polrestabes Semarang, Selasa (20/3).


Dari keterangan Kepala Cabang Abutor Semarang, Al Habibi, usai pemeriksaan mengatakan bahwa dirinya memenuhi panggilan penyidik tentang adanya laporan jamaah asal Kudus Adhe Afrian Wibowo (32) yang gagal berangkat sesuai jadwal yang telah dijanjikan.

"Tadi ditanya tentang mekanisme terkait pemberangkatan, baik pendafataran hingga keberangkatan. Intinya lebih kedalam teknisnya," ungkap Al Habibi saat berada di Mapolrestabes Semarang (20/3) sore.

Saat ditanya sejumlah wartawan persoalan atau kendala apa hingga calon jamaah umroh ini hingga hari ini belum bisa diberangkatkan, Habibi berkilah bahwa yang bisa menjelaskan adalah kantor pusat yang berkedudukan di Makasar.

"Saya tidak berani menjawab mas. Hanya saja kantor pusat akan berupaya memberangkatkan," imbuhnya.

Terkait pengembalian uang jamaah,  Habibi  menyebut akan berkordinasi dengan kantor pusat terlebih dahulu, karena jamaah yang berjumlah 260 orang juga masih bersedia nunggu kepastian pemberangkatan.

Terpisah Kasubag Humas Polrestabes Semarang Kompol Suwarna menjelaskan bahwa Kepala cabang Abutour Semarang ini mulai diperiksa pukul 12.30 dan berakhir sekira pukul 16.45 di ruang idik 1 Resum Satreskrim Polrestabes Semarang.

"Ada sekitar 30 pertanyaan yang diberikan penyidik kepada terlapor, materinya seputar mekanisme pemberangkatan ibadah Umroh," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa Abutour yang berkantor di Jalan DI Panjaitan 1060 dilaporkan oleh jamaaahnya ke Polda Jateng dan kemudian dilimpahkan ke Polrestabes Semarang terkait gagalnya pemeberangkatan ibadah umroh yang rencananya akan diberangkatkan pada awal bulan Februari 2018 ini.