Kepergok Membobol Bengkel, Residivis Warga Solo Nyaris Dimassa di Sragen 

Pelaku pencurian saat dimintai keterangan Kapolsek Sumberlawang, Sragen. RMOL Jateng
Pelaku pencurian saat dimintai keterangan Kapolsek Sumberlawang, Sragen. RMOL Jateng

Kambuh melakukan aksi pencurian, seorang residivis Andang Mailanto (47), warga kampung Dadapan, RT 06/13, Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar kliwon, Kota Solo, nyaris dihajar massa.


Pelaku kepergok membobol sebuah bengkel Bujel Motor di Dukuh Nglaban, Desa Ngandul, Sumberlawang, Sragen, Minggu pagi (4/2) sekitar pukul 4.30 WIB.

Meskipun sempat dikerubungi warga yang siap memukuli, beruntung pelaku berhasil diamankan petugas dan kemudian digelandang ke Polsek Sumberlawang.

Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam melalui Kapolsek Sumberlawang AKP Sudarmadji membenarkan ada seorang pencuri diamankan dari amukan massa.

"Kami amankan pelaku pencurian di desa Ngandul, dari hasil pemeriksaan mengaku pernah melakukan perkara pencurian dengan pemberatan di wilayah hukum Polsek Kalijambe di rumah warga, dan Gemolong di Barbershop,” kata AKP Sudarmadji.

Pelaku Andang merupakan residivis perkara curat, pada tahun 2021 pernah diamankan oleh team unit Reskrim Polsek Sumberlawang bersama team Resmob Polres Sragen, dengan perkara sama di kantor Notaris Mandasari dan RM Geprek Sumberlawang. 

"Tersangka sedikitnya melakukan empat kali aksi kejahatan di wilayah Sragen seperti Sumberlawang, Kalijambe maupun Gemolong," imbuh AKP Sudarmadji.

Membeberkan kronologi penangkapan pelaku, saat itu pelaku diketahui datang seorang diri dari arah Solo menggunakan motor Yamaha Mio Z warna merah No Pol terpasang AA 4521 LJ. Pelaku berhenti di samping bengkel Bujel Motor pagi buta itu masih sepi.

Kemudian pelaku mengeluarkan alat berupa dua buah kunci L telah dimodifikasi ujung berbentuk pipih untuk membuka gembok, setelah berhasil membuka gembok pintu.

Tersangka masuk kedalam bengkel dan mengambil satu unit televisi LED merk Faws 32" dan satu unit kompresor merk Lakoni. 

Barang-barang tersebut dimasukkan ke dalam karung telah dipersiapkan sebelumnya. Namun apes bagi residivis kambuhan ini, ketika hendak melarikan diri perbuatan tersangka diketahui pemilik bengkel. 

Korban seketika teriak maling hingga pagi itu warga berkerumun membantu mengamankan tersangka. Kendati sempat kabur melarikan diri saat dilakukan pengejaran berhasil diamankan di area persawahan Dukuh Padas, Desa Mojopuro, Sumberlawang, Sragen, sekitar 5 km dari lokasi kejadian.

Barang bukti disita diantaranya TV LED 32" merk Faws, kompresor merk Lakoni, dua buah kunci L sudah dimodifikasi berbentuk pipih, satu buah tang merk tekiro, dua buah kunci pas ukuran 22 sudah dimodifikasi berbentuk pipih. 

"Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara,” tandas Kapolsek.