Kepulan Asap Hitam di Gubug Grobogan Gegerkan Warga

Asap hitam membumbung di langit Kecamatan Gubug Grobogan Jawa Tengah ternyata berasal dari pembakaran di pengeboran gas RBG-3B di Desa Pranten Gubug. Zat dibakar adalah gas alam jenis kondensat sebanyak 10 ribu liter.


Pembakaran gas alam tersebut sempat menggemparkan warga setempat. Masyarakat pun berbondong mencari asal kepulan asap tersebut. Mereka menduga kepulan asap hitam berasal dari kebakaran rumah. 

Head Safety and Environment (HSE) lokasi RBG-3B, Yoga Wicaksana mengatakan, pembakaran zat tersebut sesuai dengan aturan pemerintah. Gas dihasilkan dari pengujian sumur (well test) harus dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Hasil dari well test, sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) dari SKK Migas dan pemerintah bahwa hasil dari well test harus dimusnahkan. Estimasinya ada sekitar 10 ribu liter (yang dimusnahkan)," ujarnya, Senin (13/2).

Yoga menambahkan, pemusnahan ini merupakan pertama kali dan terakhir. Minyak dari hasil pengujian sumur itu tidak bisa diperjualbelikan.

Yoga menyebut, pembakaran itu akan selesai sekitar 2-3 jam. Oleh sebab itu, masyarakat diminta tidak perlu panik dengan adanya kepulan asap tersebut.