Ketua DPRD Demak Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Amalkan Ajaran Pancasila

Ketua DPRD Demak Fachrudin Bisri Slamet menekankan amalan Pancasila harus mulai diajarkan sejak dini atau di bangku sekolah.


"Sebagai generasi muda, kita harus tahu Pancasila dan mengamalkannya," kata Ketua DPRD Demak Fahrudin Bisri Slamet saat menjadi narasumber dalam acara Pendidikan Politik dan Wawasan Kebangsaan diselenggarakan oleh Kesbangpol Demak bersama Ponpes Manbaul Quran, Desa Kedondong di SMK Miftahul Qulub, Selasa (20/6). 

Dia mengatakan, pengajar atau guru di sekolah harus menunjukkan kepada siswa tentang ajaran pancasila yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari hari.

Pancasila, lanjut dia, sebagai falsafah hidup bangsa, sangat berati bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai terkandung dalam Pancasila dapat dijadikan dasar motivasi, segala sikap, tingkah laku, dan perbuatan dalam hidup bermasyarakat. 

"Kita harus bisa menerima Pancasila sebagai dasar negara maupun pandangan hidup yang harus dijunjung tinggi karena berakar pada budaya dalam masyarakat," tambah FBS.

Selain itu, menurut Slamet, pendidikan politik dan wawasan kebangsaan seperti ini sangat bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat. Untuk tetap menjaga kondusifitas Kabupaten Demak selama ini sudah terbangun, terutama di tahun politik.