Kiromal Katibin dan Atifa Fismawati Atlet Terbaik Putra-Putri 2023 Pilihan Siwo PWI Jateng

Istimewa
Istimewa

Pemanjat tebing Kiromal Katibin dan pesilat Atifa Fismawati dinobatkan sebagai Atlet Terbaik Putra-Putri tahun 2023 oleh Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jateng.

Ketua Siwo PWI, Erwin Ardian mengatakan, penghargaan ini sebagai tradisi dari wartawan olahraga untuk memberikan kontribusi untuk kemajuan pembinaan olahraga di Jateng.

Menurut Erwin, pemberian penghargaan ini kami bangkitkan setelah lama vakum  sebagai upaya mendorong para atlet Jateng untuk lebih berprestasi lagi. Apalagi PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut sudah diambang pintu,

"Apresiasi Anugerah Olahraga ini tidak hanya untuk para atlet, namun juga pelatih, pembina, tokoh olahraga, pengprov pengkot, KONI kabupaten/kota, instansi, dan lifetime achievement" kata Erwin dalam Malam Resepsi Anugerah Olahraga 2023 di Ballroom Astina Gedung UTC, Jalan Kelud Raya, Semarang, Rabu malam (13/12).

Selain itu, tambah Erwin,  kegiatan tahun ini lebih komplet, karena juga diberikan penghargaan kepada atlet penyandang disabilitas yang berprestasi.

"Para atlet yang terpilih, adalah hasil dari seleksi dan penjurian yang matang oleh tim yang berasal dari unsur pemerintah, akademisi dan wartawan. Pertimbangannya mengacu pada prestasi gemilang yang diraihnya" kata Erwin.

Kegiatan dihadiri Asisten Administrasi Sekda Jateng Muhammad Arif Sambodo, perwakilan pengprov, badan fungsional, KONI kabupaten/kota di Jateng, dan  pengurus harian PWI Jateng.

Erwin menyampaikan terima kasih kepada KONI Jateng, dan semua pihak yang mendukung penyelenggaraan malam anugerah ini.

Kiromal Katibin adalah meraih perunggu pada IFSC di Jakarta tahun 2023, juara IFSC World Cup di Salt Lake City tahun 2022, dan peraih emas PON XX Papua. 

Selain itu, catatan rekor atlet yang akrab disapa Kiki itu, di antaranya di Piala Dunia 5,009 detik tahun 2022, Piala Dunia di Swiss 5,04 detik dan lain sebagainya.

Sementara pesilat putri Atifa  yang menerima penghargaan memiliki prestasi internasional seperti medali emas School Games Indonesia tahun 2019, medali emas kejuaraan dunia di Malaysia 2022, emas pencak silat Championsip India 2022, emas SEA Games 2022, perunggu di Kejuaraan Asia di  Dubai 2023.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS mengatakan, apresiasi diberikan kepada para insan olahraga di Jateng yang disebutnya sebagai patriot olahraga.

''Para pelaku ini menekuni olahraga dengan penuh cinta. Seorang patriot olahraga akan mendedikasikan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk kemajuan dan prestasi olahraga,'' kata Amir.

Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana menilai, anugerah olahraga yang digelar Siwo PWI merupakan gambaran kolaborasi fungsional yang hebat antara KONI dan media.

''Semoga kegiatan ini bisa menjadi tradisi Siwo PWI sehingga ada keberlanjutan dan lebih memotivasi lagi,'' katanya.

Pelatih Terbaik Tri Aji mengaku tak menyangka bisa mendapatkan apresiasi dari Siwo PWI. Pelatih yang baru saja mendapatkan penghargaan dari Kemendikbud, Riset dan Teknologi itu, ingin agenda ini bisa berlanjut. 

''Terima kasih kepada Siwo PWI. Peran media ini sangat penting untuk memompa semangat para atlet, termasuk lebih menyosialisasikan cabang agar lebih populer seperti sepak takraw,'' ujar dosen FIK Unnes itu.

Daftar Penerima Penghargaan Anugerah Olahraga 2023 Siwo PWI Jateng

1. Kiromal Katibin  (Atlet Putra Terbaik Putra/Panjat Tebing)

2. Atifa Fismawati (Atlet Putri Terbaik Putri/Pencak Silat)

3. Amadeus Chrisan Susanto (Atlet Harapan Putra Terbaik /Golf)

4. Amellya Nur Sifa (Atlet Harapan Putri Terbaik/Balap Sepeda)

5. Tim Regu Event Putri (Tim Olahraga Terbaik/Sepak Takraw)

6. Dr Tri Aji SPd MPd (Pelatih Olahraga Terbaik/Sepak Takraw)

7. Ir Daniel Budi Setiawan MM (Pembina Olahraga Terbaik /Wushu)

8. Saptoyogo Purnomo (Atlet Penyandang Disabilitas Terbaik Putra/Para Atletik)

9. Sri Sugiyanti (Atlet Penyandang Disabilitas Terbaik Putri/Para Cycling)

10. Slamet Widodo SPd MOr (Pelatih Olahraga Terbaik untuk Penyadang Disabilitas/Para Atletik)

11. Pengkot Ikasi Kota Surakarta (Pengkot/Pengkab Terbaik /Anggar)

12. KONI Kota Semarang (KONI Kota/Kabupaten Terbaik )

13. Pengprov TI Jawa Tengah (Pengprov Terbaik/Taekwondo)

14. PT Sukun Wartono (Perusahaan Peduli Olahraga)

15. Sri Sumarni SH MM (Kepala Daerah Peduli Olahraga /Bupati Grobogan)

16.  Poa Seng Goeng (Tokoh Masyarakat Peduli Olahraga/Bola Basket)

17. Drs Hunadi Handoyo (Lifetime Achievement/Tinju)