Kodim 0726/Sukoharjo Gelar Pameran UMKM untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi

Kodim 0726/ Sukoharjo terus membuat program di tengah pandemi Covid-19. Selain percepatan vaksinasi dan kampanye prokes, kali ini menggelar pameran UMKM dengan menggandeng Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Pemkab Sukoharjo dan ICSB (Internasional Council of Small Bussiness) kelompok UMKM Sukoharjo.


Pameran terbatas ini diikuti 45 UMKM berbagai produk perwakilan dari 12 kecamatan. Digelar selama 5 hari, 13 - 18 Oktober 2021, di Sentra Niaga The Park Solobaru, Sukoharjo.

"Ini event luar biasa untuk menggugah perekonomian khususnya para pelaku UMKM di Sukoharjo. Setelah masa pandemu mereka terpuruk, Kodim Sukoharjo berinisiatif menggairahkan kembali ekonomi masyarakat," kata Danrem 074 Warastratama, Kolonel Inf Rudy Saladin, yang berkesempatan membuka pameran UMKM Bangkit.

Danrem didampingi Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Sekda Sukoharjo Widodo, meninjau juga membeli sejumlah produk UMKM Sukoharjo yang dipamerkan.

Menurut Danrem, UMKM merupakan garda terdepan ujung tombak perekonomian berbasis kerakyatan. Kontraksi ekonomi di masa pandemi salah satunya bisa diatasi dengan mengaktifkan kembali UMKM karena perputaran uang ada di pelaku UMKM. 

"Salah satu upayanya bagaimana mendukung UMKM agar terus berkarya dan berupaya. Menjadi tanggungjawab kita semua, sinergi bahu membahu menanggulangi corona dan pemulihan ekonomi," terang Danrem.

Danrem menilai, event ini permulaan yang bagus di masa pandemi. Bahkan ke depan bisa direncanakan secara kontinyu. Selain itu kodim lain diharapkan bisa menyusul kegiatan yang serupa. Pasalnya pameran UMKM Bangkit ini baru kali pertama yang digelar Kodim se-Solo Raya. 

"Disela-sela aktivitas ini tetap kita himbau, baik pengunjung maupun penyelenggara agar mematuhi protokol kesehatan, karena masalah covid belum reda, jadi kita tidak boleh lengah," ucap Danrem.

Dandim Sukoharjo, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, menambahkan, pameran UMKM Bangkit dilaksanakan merangkai HUT TNI ke-76.

"UMKM harus berjalan cepat dan mengambil potensi pangsa pasar walaupun kita masih ditengah pandemi Covid-19," ujar Dandim.

Ketua ICSB Sukoharjo, Agung Nugroho, menyambut baik event pameran UMKM tersebut. "Kami antusias dengan mulai digelar pameran UMKM ini, bisa menggairahkan kembali usaha kami setelah terpapar pandemi." Ungkap Agung.

Produk UMKM yang dipamerkan antaralain kerajinan rotan, mebel, tenun lurik, batik, alat edukasi anak, sepatu, produk herbal berupa kecantikan dan minuman, juga aneka makanan ringan khas Sukoharjo.

Ia berharap, produk UMKM Sukoharjo bisa kembali bersemangat dan berjaya. Tentu dengan dukungan penuh dari pemerintah dan sejumlah instansi, seperti yang dilakukan Kodim 0726/Sukoharjo ini.