KPU RI : Hujan Tak Menghalangi Partisipasi Masyarakat Terdampak Banjir Melakukan PSS

Komisioner KPU RI melakukan pantauan PSS di salah satu TPS di Kecamatan Karanganyar. RMOL Jateng
Komisioner KPU RI melakukan pantauan PSS di salah satu TPS di Kecamatan Karanganyar. RMOL Jateng

Komisioner KPU RI, Yulianto Sudrajat, melakukan monitoring pelaksanaan pemungutan suara susulan (PSS) di sejumlah desa melaksanakannya.

Ia pun mengapresiasi warga terdampak banjir antusias melaksanakan PSS walau dalam kondisi hujan.

"Alhamdulilah, walau hujan pelaksanaan PSS berjalan dengan lancar, tidak ada kendala siginifikan dan kehadiran kami KPU RI ini untuk memastikan semua berjalan dengan baik," ucapnya saat meninjau lokasi TPS, Sabtu (24/2).

Ia menyampaikan, 10 desa di Kabupaten Demak pada 14 Februari 2024 tidak dapat melakukan Pemilu. Saat ini sesuai dengan ketentuan sudah dapat melaksanakan Pemilu dengan baik dan lancar.

"Kami melihat kinerja KPU Demak beserta jajaran yang bagus sehingga semua berjalan lancar dan antusiasme pemilih cukup bagus. Mereka dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik," ucap Yulianto.

Sementara itu, Ketua KPU Demak, Siti Ulfa'ati menyampaikan, antusiasme pemilih cukup bagus, bahkan ada warga sakit tapi masih antusias memilih sehingga menggunakan sistem KSK (Kotak Suara Keliling).

"Sampai saat ini antusias warga bagus, bahkan ada yang sakit ingin mencoblos, nanti akan kita kirim pakai KSK atau Kotak Suara Keliling. Dimana nanti dari KPPS dari pengawas TPS menyampaikan di forum bahwa notabene ada pemilih yang menunggu di mobil dan akan kita layani," ucap Ketua KPU Demak.

Ia juga menyampaikan, ada dua desa belum bisa menggunakan listrik secara normal yakni di desa Wonorejo TPS 13,14,15,16 dan Desa Ketanjung ada 2 TPS yang menggunakan getset, karena belum memungkinkan adanya aliran listrik, namun semua berjalan lancar.

"Semua sudah kita prepare dan semuanya sudah komunikasiakan dengan PLN, jadi walau pake genset dan walah listrik belum digunakan normal, namun semua berjalan dengan baik," pungkasnya.