Kunker di Sukoharjo, Jokowi Serahkan Bantuan PIP Untuk 1000 Pelajar Sukoharjo

Presiden Jokowi menyerahkan bantuan PIP untuk pelajar di GOR Bung Karno Sukoharjo. Almira Nindya/Dok.RMOLJateng
Presiden Jokowi menyerahkan bantuan PIP untuk pelajar di GOR Bung Karno Sukoharjo. Almira Nindya/Dok.RMOLJateng

Mengawali kunjungan kerja di Sukoharjo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada 1000 pelajar di Kabupaten Sukoharjo, diserahkan di GOR Bung Karno, Kamis (1/2).


Dalam penyerahan bantuan PIP, Jokowi didampingi ibu negara Iriana Jokowi, Sekjen Kemendikbud Ristek Suharti, PJ Gubernur Jateng Nana Sudjana, dan Bupati Sukoharjo Etik Suryani.

"Bantuan PIP yang diberikan seluruh tanah air sudah 18.600.000 untuk SD, SMP, SMA/SMK, sejak 10 tahun lalu," kata Jokowi.

Diketahui besar bantuan PIP untuk pelajar SD diberikan Rp 450 ribu, SMP Rp 750 ribu, dan SMA/k tahun ini naik menjadi Rp 1,8 juta. Uang tersebut bisa digunakan para pelajar untuk membeli perlengkapan sekolah seperti buku, seragam, hingga sepatu.

Jokowi menambahkan untuk jenjang perguruan tinggi, pemerintah menyiapkan KIP Kuliah. Nominal KIP Kuliah menyesuaikan program studi yang diambil, namun nominalnya maksimal Rp 8 juta.

"Kalau anak-anak semangat belajar tinggi, nilainya bagus. Untuk kuliah pemerintah telah menyiapkan KIP kuliah yang kurang lebih angkanya bantuannya Rp 8 juta," jelasnya.

Sejauh ini, untuk Mahasiswa yang terdaftar KIP Kuliah sebanyak 900 ribu lebih di seluruh tanah air.

Sekjen Kemendikbud Ristek Suharti menambahkan, program KIP di Sukoharjo yang hadir dalam acara itu berjumlah 1000 pelajar.

"Terdiri dari 400 pelajar SD, 300 SMP, 150 Pelajar SMA, dan 150 pelajar SMK yang sudah ditetapkan sebagai penerima PIP tahun 2024," kata Suharti.

Dalam 10 tahun perjalanan PIP, sejumlah pengutan dilakukan, agar terus bisa dimanfaatkan masyarakat. Hingga mampu meningkatkan partisipasi pendidikan dari anak keluarga tidak mampu.

Untuk tahun 2024 ini, dia mengatakan penerima PIP ditingkatkan dari 18,1 juta menjadi 18,7 juta penerima. Adapun kenaikan penerimaan PIP dijenjang SMA/K dari Rp 1 juta menjadi Rp 1,8 juta.

Kunjungan kali ini Jokowi kembali membagikan 2 unit sepeda untuk pelajar yang berhasil menjawab pertanyaan.

Dua siswa beruntung mendapatkan sepeda adalah Rajid dan Zahra. "Saya senang menerima bantuan PIP apalagi saya juga dapat sepeda dari pak Presiden," ungkap Rajid yang orang tuanya bekerja sebagai buruh harian lepas.