Kuota DPRD Karanganyar Bakal Diisi Wajah Baru

Wawan Pramono. Dian Tanti/Dok.RMOLJateng
Wawan Pramono. Dian Tanti/Dok.RMOLJateng

Kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 usai digelar. Sejumlah nama pun mencuat kepermukaan dan diprediksi akan dilantik sebagai wakil rakyat lima tahun kedepan.


Di Karanganyar, mengacu pada kabar jumlah suara yang banyak beredar, komposisi para legislator sepertinya akan diisi kombinasi petahana dan sejumlah wajah baru.

Bagi petahana, berada di tatanan legislatif tentunya bukan sesuatu yang baru, namun beda dengan para wajah baru. Salah satunya yang diprediksi kuat dilantik adalah Wawan Pramono.

Pengusaha property dari Partai Gerindra daerah pemilihan (dapil) IV, Gondangrejo dan Colomadu ini berhasil mengumpulkan 6.300 suara.

Lalu apa program yang akan diusungnya?. Kepada awak media, Wawan pun berjanji tidak mau aji mumpung memanfaatkan statusnya jika dilantik nanti untuk kepentingan bisnis pribadi.

Pengusaha property yang berhasil meraup 6.300 suara pada kontestasi Pileg 2024 lalu ini, berjanji akan fokus mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat.

Wawan menyampaikan salah satu fokus yang akan dilakukan saat dirinya berada di legislatif adalah pemberdayaan UMKM, pertanian dan peternakan, pendidikan juga kesehatan. 

"Untuk masalah infrastruktur itu pasti juga utamakan," kata Wawan yang juga pernah ikut dalam kontestasi Pileg 2019 bersama Partai Golkar, Senin (19/2). 

Di bidang pertanian dirinya akan mendorong lahirnya petani-petani muda untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia, melalui Urban Farming. 

Menurutnya, selama ini banyak generasi muda yang malu untuk menjadi petani. Nantinya akan di support melalui urban farming. Termasuk mengawal ketersediaan pupuk agar langsung diterima petani, karena itu program nasional pak Prabowo

"Minimnya regenerasi petani juga menjadi masalah serius yang harus diselesaikan. Untuk pertanian kita siapkan program (urban farming-red) untuk  ketahanan pangan agar jangan sampai tumbang," pungkasnya.

Informasi yang diperoleh, hasil perolehan suara berdasarkan berdasarkan hitung cepat internal partai dari C1, sejumlah caleg petahana dan beberapa wajah baru dipastikan akan mengisi kursi DPRD Karanganyar dalam Pileg 2024 ini.  

Sejumlah caleg petahana yang sudah memiliki suara aman adalah Bagus Selo 14.524. Kemudian Anung Marwoko, caleg dari Partai Golkar yang berdasarkan hasil dari C1, mendapatkan suara sebanyak 14.300. Ada juga Latri Listyowati dari PDIP mendapat 12.916 suara.