Lantik 398 ASN, Wali Kota Gibran Minta Abdi Negara Wajib Punya Integritas

Sebanyak 398 Aparatur Sipil Negara (ASN) resmi dilantik di Lingkungan Pemerintah Kota Surakarta bertempat di Pendhapi Gedhe Balaikota Surakarta, Rabu (2/3/2022).


“Saya sampaikan bahwa mulai hari ini pondasi nilai pertama seorang ASN adalah integritas. Integritas ASN sangat erat hubungannya sangat erat dengan akhlak kerja pegawai. Sebab sekarang ini masyarakat lebih menyoroti pada sikap atau perilaku ASN dan bisa kapan saja mengunggah, melaporkan bahkan memviralkannya melalui berbagai kanal atau media lainnya,” ucap Gibran.

“Jangan melakukan hal-hal yang nanti akan bisa membawa dampak buruk atau mencemarkan pimpinan anda karena semua serba online. Hal hal kecil seperti makan siang ditempat kerja, bolos jangan sampai dilakukan” sambung Gibran.

Pondasi nilai kedua adalah pelayanan sepenuh hati semua akan melayani lebih dari lima ratus ribu masyarakat, baik itu langsung maupun tidak langsung, dengan berbagai macam karakteristik. Dan semuanya itu harus dihadapi dengan ikhlas, sabar, proaktif dan berinisiatif untuk dalam melayani bukan dilayani, memberi bukan yang diberi.

Ketiga adalah profesionalisme, dalam rangka menuju Birokrasi 4.0 tingkatkan lagi keilmuan dan adaptasi dengan skill digital terus mengembangkan kompetensi serta kapasitas diri. Bapak Ibu tidak boleh kalah dengan orang-orang yang bekerja di sektor privat/swasta. Sebagai ASN milenial harus bisa memberikan warna kontribusi yang lebih banyak dari pegawai-pegawai yang lain. Ciptakan iklim inovasi dalam setiap kegiatan baik yang bersifat rutinitas maupun dinamis.

Nilai keempat adalah loyalitas, sebagai ASN muda milenial diharapkan mempunyai rasa hormat dan loyal yang tinggi terhadap pimpinan dan juga kepada organisasi/instansi. Ada atau tidak ada pejabat, harus tetap disiplin, tetap bekerja dengan giat dan tunjukkan profesionalisme.

“Perlu saya sampaikan juga bahwa dalam sebuah pengabdian, meski tidak ada pujian dari masyarakat, hal itu jangan terlalu dirisaukan. Ingatlah bahwa Tuhan mengetahui apa yang kita lakukan. Selalu tanamkan niat pergi dari rumah untuk berikhtiar bekerja dan beribadah. Selamat melanjutkan tugas di instansi masing-masing, selalu berikan tauladan yang terbaik. Mari kita bersama mewujudukan Surakarta sebagai Kota Budaya yang modern, tangguh, gesit, kreatif dan sejahtera” terangnya.

Diketahui, berdasarkan keputusan Nomor 094/KP.03.02/II/2022 tentang pengangkatan Pegawai Negeri Sipil, Walikota Surakarta resmi melantik 398 Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Surakarta. 

Setelah penandatanganan berita acara pengambilan Sumpah / Janji PNS. Dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan Pengangkatan PNS diantaranya perwakilan golongan III yaitu Rianto Ardi Nughroho, S.Pd, dan perwakilan golongan II yaitu Arvina Puspitasari, A.Md.Ak.