Lucunya Pebalap Cilik Adu Kecepatan di Kejuaraan Push Bike Pekalongan

Para peserta Push Bike Competition berusia 2-6 tahun beradu kecepatan di Pantai Pasir Kencana, Kota Pekalongan
Para peserta Push Bike Competition berusia 2-6 tahun beradu kecepatan di Pantai Pasir Kencana, Kota Pekalongan

Puluhan pebalap cilik berusia 2-6 tahun beradu kecepatan dalam Push Bike Competition. Kompetisi itu diselenggarakan di Obyek Wisata Pantai Pasir Kencana, Kota Pekalongan.


Kelucuan para pebalap cilik itu memeriahkan Pantai Pasar Kencana. Tubuh mungil serta tingkah polah para peserta mengundang tawa para penonton.

Aksi tawa pecah saat para anak-anak beradu kecepatan di lintasan yang meliuk-liuk. Ada yang ingin cepat hingga tetap santai.

"Saya melihat ini unik dan lucu karena diikuti anak-anak kecil, peserta pun tadi terlihat cukup banyak, yang artinya push bike ini diminati," kata Walikota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid, Minggu (8/10).

Ia berharap kompetisi ini nantinya mampuh bakat anak-anak. Lalu, bisa  melahirkan atlet berbakat di bidang balap sepeda.

Kompetisi digelar oleh Komunitas Batik Push Bike Pekalongan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Dinparbudpora) Pekalongan.

Balance bike/push bike/kick bike adalah sepeda roda dua tanpa pedal (kayuhan), tanpa rantai dan sistem penggerak, yang dirancang untuk anak kecil. Tujuannya untuk melatih keseimbangan (balancing), sebelum anak memakai sepeda normal.

Lomba push bike competition yang baru pertama kali digelar di Pekalongan ini cukup memikat perhatian orang tua yang ingin mengembangkan minat anak-anaknya dalam cabang olahraga sepeda tanpa pedal kayuh.

Lomba push bike ini diikuti 42 peserta mulai dari usia 2 tahun hingga 6 tahun. Kompetisi digelar dalam beberapa kelas yaitu  FFA Mix, 2020 Boys, 2020 Girls, dan 2021 Mix.

Pelatih Batik Push Bike Competition Pekalongan, Ari berharap bisa merangkil.peminat push bike dan bisa mencetak riders yang keren.

"Semoga komunitas push bike Pekalongan bisa semakin banyak anggotanya, semakin solid, semakin dikenal dan bisa mencetak riders yang keren tentunya, Pushbike Pekalongan Juara," ujarnya.