Mangkunegoro X : Piala Dunia U-17 2023 Turut Jadi Katalisator Pura Mangkunegaran di Mata Dunia

KGPAA Mangkunegara X (Gusti Bhre) Pura Mangkunegaran. RMOL Jateng
KGPAA Mangkunegara X (Gusti Bhre) Pura Mangkunegaran. RMOL Jateng

KGPAA Mangkunegoro X memberi apresiasi atas gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Kota Solo karena turut menjadi katalisator situs sejarah dan kekayaan budaya Indonesia, Pura Mangkunegaran makin dikenal dunia.


“Kami mendukung dengan berupaya memberikan pengalaman kebudayaan terbaik dan memberi kesan mendalam bagi para tamu atau pengunjung Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah di momen Piala Dunia U-17 ini,” kata Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, Jumat (1/12).

Gusti Mangku mengatakan, Kota Solo dan Indonesia pada umumnya akan menjadi tujuan utama wisatawan. Dia mengungkapkan, beberapa tim kontestan bersama ofisialnya telah berkunjung dan melihat Pura Mangkunegaran.

Dia pun memastikan jajaran keraton memberikan pelayanan maksimal untuk melayani para tamu tersebut dengan mengedepankan ciri budaya kesultnanan kaya nilai sejarah.

“Selama pelaksanaan Piala Dunia U-17 ini beberapa official tim sempat berkunjung ke Mangkunegaran. Berbaur dengan wisatawan asing lain yang berkunjung sambil menunggu jadwal pertandingan tim nasional negaranya,” kata Kanjeng Gusti.

Hal itu dipastikan memberikan pengalaman baru belum pernah dijumpai di negara lain bagi tamu khusus datang karena bertepatan dengan even Piala Dunia U-17 2023. 

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Solo, Siti Khotimah mengungkapkan, Pura Mangkunegaran menjadi pilihan wisata dari ofisial dan wisatawan asing di momen Piala Dunia, termasuk Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

"Selain Mangkunegaran dan Keraton Surakarta, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, yang menjadi salah satu ikon baru Kota Batik juga dijadikan lokasi para pemain dan ofisial tim untuk dikunjungi." Ungkal Siti Khotimah.

Timnas Ekuador U-17 misalnya. Usai tersingkir setelah dikalahkan Brasil 1-3 di babak 16 besar mereka memilih menghabiskan waktu untuk menikmati suasana dan jalan-jalan Kota Solo sebelum kembali ke negara asalnya. Salah satu yang dikunjungi adalah Masjid Raya Sheikh Zayed.

Diprediksi pergelaran final Piala Dunia U17 di Stadion Manahan Solo pada Sabtu (2/12)  dipastikan banyak penonton datang menuju Solo dan diharapkan sekaligus berwisata.