Masa Transisi, BIN Lakukan Pendampingan Korban Banjir Hingga Tuntas

Kabagops Binda Jateng memberikan bantuan sembako kepada perwakilan 4 desa terdampak banjir, Selasa (27/2). Nungki/Dok.RMOLJateng
Kabagops Binda Jateng memberikan bantuan sembako kepada perwakilan 4 desa terdampak banjir, Selasa (27/2). Nungki/Dok.RMOLJateng

Badan Intelijen Negara (BIN) terus melakukan pendampingan terhadap korban bencana banjir Demak, termasuk dalam masa transisi dari saat bencana banjir terjadi hingga masa pasca bencana banjir.

Kabagops BIN Daerah Jawa Tengah (Binda Jateng), Kolonel Inf. Andriono Basuki, menyampaikan, kendati saat ini masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing namun kebutuhan dasar belum sepenuhnya terpenuhi.

"Untuk itu BIN tetap memberikan sembako kepada masyarakat agar setidaknya survive sampai bisa mandiri seperti sedia kala lagi," Kabag Ops usai menyerahkan bantuan di posko BIN, Selasa (27/2) sore.

Sasaran bantuan adalah untuk 4 desa yakni Desa Sari, Desa Karanganyar, Desa Wonorejo dan Desa Ngemplik Wetan dengan bantuan berupa sembako, makanan ringan, alat kebersihan,  dan minyak kayu putih. 

Ia menambahan bahwa bantuan ini merupakan inisiasi dari Kepala BIN, Jendral Polisi Budi Gunawan, agar dapat meringankan beban masyarakat. 

BIN pun juga akan selalu bekerja sama dengan segala pihak seperti BNPB, TNI, Pemda, Polri untuk melakukan pendampingan hingga tuntas. "BIN akan terus melakukan pendampingan kepada warga terdampak banjir di Demak hingga tuntas," tegasnya.

Sementara itu, Heri Saputro, perwakilan dari warga Desa Karanganyar mengungkapkan rasa terima kasih pada BIN atas bantuan tersebut.

"Melalui Kolonel Inf. Andriono Basuki, saya mewakili warga mengucapkan terimaksih pada bapak Kepala BIN atas bantuan yang diberikan bagi desa kami," pungkasnya.

Selain pemberian sembako selama banji dan peralihan status dari bencana ke recovery, BIN turut terlibat dalam pemberian air bersih dan juga maka siang bagi warga terdampak.