Mobil Listrik UMS Tampil Dalam Internasional Shell Eco Marathon 2022 di Sirkuit Mandalika

Satu lagi prestasi dicapai Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), yakni lolosnya Ababil Evo III, mobil listrik buatan UMS dalam kompetisi Internasional Shell Eco Marathon 2022, yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika Lombok NTB, 11-15 Oktober 2022.


Kabar baik tersebut disampaikan Rektor UMS Prof Sofyan Anif yang menyatakan kebanggaannya pada karya mahasiswa UMS di kancah Internasional. 

“Kerja keras mahasiswa UMS membuahkan hasil, setelah kemarin Ababil Evo II berangkat ke Jepang, kali ini Ababil Evo III lolos peserta International Shell Eco Marathon 2022 tingkat Asia Pasifik di Mandalika. Kalau berhasil naik podium akan melaju ke tingkat dunia bersaing dengan benua lain,” ungkap Prof Sofyan Anif, di Kampus UMS, Jumat (30/9/2022).

Tim ECRC (Electrical Car Research Center) UMS yang akan membawa Ababil Evo III merupakan pusat penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh mahasiswa Fakultas Teknik UMS diantaranya Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Industri.

Dosen pembimbing Tim TIRC Ir Muh. Alfatih Hendrawan mengatakan Mobil listrik Ababil Evo Il merupakan mobil hemat energi yang dirancang untuk mengikuti perlombaan dalam kategori prototype. 

“Ababil Evo III dirancang melalui riset dan penelitian dengan mengikuti perkembangan teknologi pada setiap tahunnya Ababil Evo III memiliki rancangan Battery Li-ton dengan kapasitas 840 Wh dan rasio konsumsi sebesar 265 2 km per Wh yang menggunakan motor penggerak yaitu Motor Brushless DC 350W 48V,” jelas Ir Alfatih. 

Perlombaan Shell Eco marathon 2022 merupakan kompetisi yang menantang para mahasiswa perguruan tinggi berbagai negara untuk berinovasi, merancang, dan membangun kendaraan paling hemat energy.

Dalam kompetisi ini Tim ECRC dibimbing oleh Dosen Teknik Mesin, Ir Muh. Alfatih Hendrawan, ST. MT dengan anggota tim berjumlah 10 mahasiswa, yaitu Diki Rahman Saputra Schagat (Manager Tim), Adytya Budi Purnomo (Driver), Bagus Dwi Nugroho (Driver Cadangan), Deva Caliyo (Non Teknis Tim), Ahmad Farisy (Elektrikal), Odhie Rahmawan (Elektrikal), Triyanto (Elektrikal), Bagus Yulian Nugroho (Mekanik), Vavin Rahmandam (Mekanik), dan Ridwan Aji Ardiansyah (Mekanik).