Motor Listrik Buatan Purbalingga Masuk Tahap Finishing

Pembuatan motor listrik yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam hal ini digawangi oleh Disperindag sedang tahap finishing body, elektrikal dan painting. Test drive sudah dilaksanakan dan Alhamdulillah lancar.


Hal itu dikatakan oleh Kepala Disperindag Purbalingga, Johan Arifin, Selasa (22/11/2022). Terkait dengan jarak tempuh dan lamanya pengecasan batere, Johan mengatakan belum diuji secara detail. Uji akan dilakukan setelah finishing body selesai.

Johan mengatakan untuk pengembangan ke depan diharapkan IKM Purbalingga akan mampu menjadi produsen spare part atau komponen kendaraan listrik yang akan mensuplai kebutuhan komponen-komponen kendaraan listrik bagi industri otomotif menengah besar.

"IKM Purbalingga diharapkan akan mampu memproduksi kendaraan listrik custom u keperluan terbatas dan kawasan tertentu seperti kawasan wisata, kebutuhan perkantoran, instansi pemerintah," tambahnya.

Terkait dengan pemasaran, menurut Johan masih dalam penghitungan yakni terkait dengan penghitungan modal dan penentuan harga jual. 

Secara keselamatan atau layak jalan Johan mengatakan masih dalam tahap pengetesan dan uji coba.

"Kami optimistis jika motor listrik ini jalan maka akan mendorong IKM di Purbalingga untuk bergerak di sektor itu, sehingga bisa menambah peluang kerja bagi masyarakat Purbalingga," pungkasnya.