Nah, Pj Bupati Batang Pergoki  Baliho Capres di Depan TPS Kenconorejo

Kantor PAC PDI Perjuangan Kecamatan Tulis yang memampang APK, berada di depan TPS Desa Kenconorejo. Bakti Buwono/Dok.RMOLJateng
Kantor PAC PDI Perjuangan Kecamatan Tulis yang memampang APK, berada di depan TPS Desa Kenconorejo. Bakti Buwono/Dok.RMOLJateng

Sebuah bendera dan baliho partai politik terpampang di depan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Desa Kenconorejo, Kecamatan Tulis.


Bendera dan baliho itu milik salah satu partai yang mengusung calon legislatif dan calon presiden-wakil presiden.

Keadaan ini ditemukan oleh Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki dan unsur Forkopimda saat mengecek distribusi logistik pemilu pada Selasa (13/2). 

Sugiono, Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Kenconorejo, mengaku sudah berusaha menghubungi pemilik rumah yang menjadi Kantor Pengurus Anak Cabang (PAC) partai di Kecamatan Tulis untuk menurunkan APK tersebut pada Senin (12/2). 

Namun, pemilik rumah tidak ada di tempat. "Kami cari lokasi yang banyak, kami usahakan indoor tapi agak sulit. Sejak dulu memang TPS ini didirikan di sini, di Balai Desa Kenconorejo," katanya.

Mahbrur, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batang, mengatakan bahwa pihaknya lebih mengutamakan pendekatan persuasif kepada Parpol apakah bersedia menurunkan APK atau tidak. Sebab, kantor Parpol masih diperbolehkan memasang APK.

"Kantor Parpol memang diperbolehkan, tapi keberadaan Kantor Parpol di depan TPS ini kami lihat rawannya. Kalau nanti ada potensi-potensi yang merugikan, kami harapkan KPU bisa memindahkan TPS ini. Tapi kami masih berkoordinasi," katanya.

Menurut Mahbrur, ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan terkait kejadian ini. Yaitu Parpol menurunkan APK, atau KPU memindahkan TPS 01 Desa Kenconorejo. 

Pemindahan TPS ini menjadi salah satu pilihan karena TPS belum sepenuhnya terbangun. "Kami berkomunikasi dengan Parpol, apakah mereka mau menurunkan APK secara sukarela," ujar Mahbrur.

Tidak lama kemudian, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tulis datang ke lokasi. Mereka mengecek kondisi TPS di Balai Desa Kenconorejo dan Kantor Parpol yang berseberangan.

Zainal Mustaqim, selaku Panwascam Tulis, mengatakan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan PAC partai tersebut.

Pemilik baliho kemudian bersedia menurunkan APK yang terpasang di depan kantornya. "Semuanya mau dimasukkan semua (APK diturunkan, Red.). Kemarin tidak sadar kalau di depannya ada TPS," tuturnya.